Sukses

Pentingnya imunisasi TT?

10 Aug 2009, 17:34 WIB
Wanita, 20 tahun.
Dear redaksi klik dokter, saya mau menanyakan sebarapa pentingkah suntik TT itu diperlukan (perempuan, 20 thn,158 cm,53 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Imunisasi TT yang dilakukan pada perempuan usia reproduksi atau pada ibu hamil sebenarnya bertujuan untuk melindungi bayi yang akan lahir dari penyakit tetanus neonatorum. Tetanus neonatorum adalah penyakit tetanus yang terjadi pada neonatus (bayi berusia kurang dari 28 hari) yang disebabkan oleh Clostridium tetani, yaitu kuman yang mengeluarkan toksin (racun) dan menyerang sistem saraf pusat. Selain itu, pemberian vaksin ini juga dapat melindungi ibu terhadap kemungkinan tetanus apabila terluka.

Angka kematian akibat tetanus adalah 15-60% pada dewasa yang tidak sempat mendapatkan terapi, dan mencapai 90% pada neonatus bahkan setelah mendapatkan terapi, sehingga pemerintah mewajibkan setiap perempuan yang merencanakan kehamilan untuk mendapatkan imunisasi TT ini. Berdasarkan petunjuk BKKBN, imunisasi TT diberikan sebanyak 2 kali dengan interval waktu minimal 4 minggu antara imunisasi pertama dengan imunisasi kedua.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar