Sukses

Gigi tetap tak kunjung tumbuh

11 Aug 2009, 14:59 WIB
Wanita, 30 tahun.
dokter. Anak saya perempuan usia 6 thn 9 bln,sudah 4 bln lebih gigi depan atas tanggal dan sampai sekarang belum tumbuh,Apakah anak saya kurang kalsium sehingga pertumbuhan giginya lama atau ada penyebab yang lain,Mohon jawaban dari dokter.sebelumnya terimakasih atas jawabanya( perempuan, 30 thn,152 cm,60 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Pertama-tama ingin Saya tanyakan terlebih dulu, bagaimana riwayat gigi yang tanggal tersebut, apakah gigi tersebut goyang dengan sendirinya, atau goyang karena pernah jatuh dan terantuk, atau gigi tersebut mengalami karies?

Pada kondisi yang normal, gigi insisif (seri) depan sulung atas tanggal sekitar umur 6 tahun, dengan toleransi +/- 1 tahun. Maksudnya ada anak yang sudah tanggal tepat umur 6 thn, ada juga yang 5 thn atau 7 thn baru tumbuh. Umumnya tidak lama setelah gigi sulung tanggal, akan segera digantikan oleh benih gigi tetap penggantinya. Tentu saja waktu tumbuhnya gigi sulung tidak sama pada semua anak. Cepat/lambatnya pertumbuhan gisgi sulung tersebut dapat dipengaruhi oleh asupan nutrisi anak pada saat pembentukan benih gigi, atau nutrisi ibu saat hamil. Pola makan anak juga mempengaruhi, diet yang terlalu lunak  kurang memberi rangsangan bagi pertumbuhan gigi dan tulang.
 
Pada kondisi tertentu bisa saja gigi tetap agak membutuhkan waktu lebih lama untuk tumbuh, karena posisi benih gigi tetap pengganti masih jauh terbenam dalam tulang. 
 
Ada juga kemungkinan benih gigi tetap pengganti memang tidak ada, sehingga tidak ada gigi tetap yang akan menggantikan gigi sulung setelah ia tanggal. Hal ini dapat dipastikan dengan pemeriksaan radiografis. Ada baiknya Anda berkonsultasi langsung pada dokter gigi spesialis gigi anak (drg. Sp.KGA) agar dapat dilakukan pemeriksaan visual secara langsung, dan pemeriksaan lain jika diperlukan.
 
Anda dapat menggunakan fitur "Pencarian" di halaman depan website Kami untuk mencari drg.SpKGA yang berpraktek di sekitar tempat tinggal Anda.
 
Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.
 
Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar