Sukses

Apakah saya keguguran?

11 Aug 2009, 12:32 WIB
Wanita, 25 tahun.
Yth. Dokter klik dokter. Dok, saya terlambat haid 12 hari, sebelumnya saya test pack selang2 3hr, memang awalnya buram,lalu pd hari ke-7 semakin jelas terlihat positif. Setelah itu saya mengalami flek cokelat, di usg belum terlihat tanda kehamilan. Saya diresepkan plasminex dan imunos dan bed rest. Flek yang datang hanya pagi,seperti tetesan darah yang berwarna coklat tua hanya sesaat. Sampai akhirnya flek itu tidak muncul lagi. Pagi ini saya sangat kaget karena ketika saya bangun,saya keluar darah segar. Saya langsung ke dokter,di usg, ternyata diputuskan saya tidak hamil dan saya hanya mengalami perubahan hormon. Sampai saat ini darah masih menetes dokter berkesimpulan saya menstruasi. Sebagai tambahan mens ini tidak sakit seperti yang biasa saya rasakan selalu saat haid. Hanya seperti tetesan yg terus menerus. Tanda kehamilan pun msh saya rasakan seperti payudara membesar dan sakit. Biasanya jika haid datang payudara akan normal kembali. Saya kemudian diresepkan norelut dan santa e. 1. Menurut dokter, apakah kemarin saya hamil dan keguguran atau tidak? 2. Apakah mungkin meskipun tidak hamil hormon hcg bisa terdeteksi lewat test pack,dan apa saja pemicunya? 3. Jika saya benar keguguran di usia kehamilan sangat muda,apa saja yang memicunya? 4. Untuk program hamil berikutnya, dengan kasus keguguran dini,hal apa saja dan tes apa saja yang harus saya lakukan? Apa perlu tes torch? Sebagai informasi: usg rahim saya tidak ada masalah,suami oligoastenozospermae, sudah pernah mengkonsumsi obat penyubur(4 bulan yg lalu), sudah 1,4 tahun belum diberi keturunan. 5. Saya mohon maaf jika banyak bertanya, berhubung dokter spog di daerah saya sedikit, dan kurang enak diajak konsultasi. Terima kasih dokter.. ( perempuan, 25 thn,165 cm,60 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami dapat memahami perasaan Anda saat ini. Kami akan coba menjawab pertanyaan Anda satu demi satu, agar dapat dipahami dengan baik.

Menurut dokter, apakah saya keguguran?

Sebelumnya perlu diketahui apakah siklus menstruasi Anda teratur. Dengan demikian dapat diperkirakan kapan masa subur Anda dan berapa hari kira-kira usia kehamilan Anda saat itu (seandainya Anda benar hamil). Keluarnya flek sebenarnya wajar ditemukan pada awal kehamilan akibat implantasi hasil pembuahan pada dinding rahim, namun umumnya tidak disertai dengan perdarahan segar dalam jumlah yang cukup banyak.

Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa kondisi yang dapat membuat hasil positif yang palsu pada pemeriksaan test pack. Memang pemeriksaan ini dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan tinggi (mencapai 99%), namun mengingat kemungkinan hasil positif palsu, hasil pemeriksaan tersebut masih perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan USG. Meski kemungkinan hamil itu ada, akan tetapi sangatlah sulit untuk menentukannya, mengingat usia kehamilan Anda yang masih sangat dini untuk dapat dipastikan melalui pemeriksaan USG. Sedangkan masih banyak kondisi lain yang dapat menyebabkan keluhan serupa, termasuk gangguan hormonal seperti yang dikatakan oleh dokter Anda. Beberapa kemungkinan penyebab lain adalah:

  • kehamilan ektopik atau kehamilan di luar rahim
  • kehamilan mola atau hamil anggur
  • perdarahan post-coitus (pasca senggama) karena leher rahim yang sensitif

Apakah meski tidak hamil hormon hCG dapat terdeteksi dengan test pack?

Seperti yang pernah disinggung sebelumnya, bahwa pemeriksaan test pack dapat menunjukkan hasil positif yang palsu, yaitu hasil positif tanpa disertai kehamilan. Beberapa kondisi tersebut antara lain adalah:

1. Hamil kimia
Banyak kasus kehamilan yang tidak diketahui mengalami keguguran yang disangka menstruasi. Test pack yang dilakukan sebelum terlambat haid menunjukkan hasil positif, ternyata menstruasi tetap keluar seperti biasa jumlahnya beserta jaringan hasil pembuahan.

2. Waktu pemeriksaan
Tes kehamilan yang dilakukan di luar standar yang ditentukan
akan membuat tes menjadi positif, misalnya: terlalu lama.

3. Pengaruh obat atau bahan kimia. Obat-obatan tertentu dapat membuat tes menjadi positif seperti:

  • pemakaian b-hCG untuk terapi kesuburan dan diet
  • Obat diuretik dan obat anti Parkinson
  • Bahan kimia atau sabun yang terkontaminasi pada urin 
  • Vitamin C dosis tinggi juga dikatakan bisa mempengaruhi hasil tes

4. Adanya tumor dalam tubuh yang menghasilkan b-hCG seperti tumor jaringan plasenta (trofoblastik), tumor indung telur yang menghasilkan b-hCG dll, atau

Selain itu, masih ada kehamilan di luar rahim (ektopk) dan kehamilan anggur (mola) yang juga dapat menyebabkan hasil positif akibat hormon b-hCG yang dihasilkan.

Apabila saya benar keguguran di usia kehamilan yang masih sangat muda, apa sajakah pemicunya?

Perlu diluruskan sebelumnya bahwa perdarahan yang Anda alami saat ini belum pasti disebabkan oleh keguguran, mengingat banyaknya faktor lain yang dapat memengaruhi. Khusus untuk perdarahan yang disebabkan oleh keguguran, pada umumnya disebabkan oleh kelainan kromosom baik dari sel telur ataupun sel sperma yang kurang baik sehingga tubuh akan berusaha menghentikan kehamilan karena hasil pembuahan yang terjadi tidak akan tumbuh menjadi bayi yang normal dan sehat, begitu pun dengan kehamilan anggur (hamil mola). Sedangkan kehamilan yan terjadi di luar rahim pada akhirnya juga dapat luruh akibat sempitnya ruang implantasi sehingga tidak dapat menopang pertumbuhan dan perkembangan janin hingga besar. Selain kedua penyebab di atas, masih terdapat faktor kelelahan, trauma, dan penggunaan obat-obatan yang tidak aman untuk ibu hamil yang dapat berperan sebagai pencetus terjadinya keguguran.

Apakah yang harus saya lakukan pada program hamil berikutnya? Apakah perlu melakukan pemeriksaan TORCH?

Yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup Anda dan istri menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Selain itu, juga perlu diperhatikan untuk:

  • menghentikan segala bentuk kegiatan yang kurang baik seperti merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol.
  • sebisa mungkin hindari konsumsi obat-obatan, terutama yang dijual bebas
  • ketahui masa subur istri Anda, dan lakukan hubungan intim sebanyak 2-3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas)
  • menurut the Center for Disease Control (CDC), perempuan yang merencanakan kehamilan dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio

Pemeriksaan TORCH memang sebaiknya dilakukan bagi setiap pasangan yang ingin memiliki keturunan. Dan mempertimbangkan kemungkinan gangguan hormonal dan oligoastenozoospermia pada suami Anda, kami sarankan sebaiknya Anda dan suami tetap berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda dan dokter spesialis andrologi suami Anda untuk tatalaksana yang lebih optimal. Dengan tidak lupa untuk memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar Anda dan suami dapat segera dikaruniai keturunan yang sehat dan lucu.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar