Sukses

Haid memanjang setelah suntik KB

20 Oct 2014, 01:01 WIB
Wanita, 39 tahun.
Istri saya, data diatas, 2 bulan yg lalu ikut KB suntik, baru sekali suntik. Sekarang, udah dua minggu yang lalu dia menstruasi. Tapi kok sampai sekarang ga berhenti, masih keluar terus dan relatif banyak. Mohon balasan pada kesempatan pertama. Terimakasih. salam, ary (perempuan, 39 thn,165 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Sesuai jenis hormon yang terkandung di dalamnya, KB suntik dapat dibedakan menjadi KB suntik kombinasi (hormon estrogen-progesteron), dan KB suntik non-kombinasi (hormon progesteron saja).

Pada prinsipnya, metoda kontrasepsi hormonal menyegah kehamilan dengan menghentikan pelepasan sel telur dari kandung telur (ovulasi) dan menyegah masuknya sel sperma ke dalam rahim. Mekanisme ini terjadi dengan cara mengganggu keseimbangan hormonal sehingga dapat memengaruhi siklus menstruasi istri Anda. Efek samping yang dapat terjadi antara lain adalah bercak perdarahan, menstruasi lebih banyak dan lebih sering terutama pada beberapa bulan pertama atau bahkan sama sekali tidak mendapatkan menstruasi, perubahan mood, sakit kepala, penambahan berat badan, kelelahan, dsb.

Dengan demikian, keluhan menstruasi yang dialami oleh istri Anda saat ini merupakan salah satu efek samping dari KB suntik yang digunakan, dan hal ini normal ditemukan terutama dalam beberapa bulan awal penggunaan. Cukup penuhi kebutuhan nutrisi istri Anda terutama vitamin B12, zat besi, dan asam folat untuk menyegah timbulnya anemia (kekurangan darah) disertai istirahat cukup dan olahraga secara teratur. Bagaimanapun, apabila keluhan tersebut dirasa sangat mengganggu apalagi disertai berbagai keluhan lain, maka sebaiknya Anda segera membawa istri Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda untuk tatalaksana yang optimal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar