Sukses

Hubungan intim pada bumil

11 Aug 2009, 11:22 WIB
Wanita, 22 tahun.
pagi, Dok. berat saya 58kg, tensi 100/70. haid terakhir saya tengah bulan Juli lalu, dan seharusnya haid lagi sekitar tanggal 6-8 Agustus kemarin, dan belum haid sampai sekarang. beberapa hari yang lalu saya periksa kehamilan dengan test pack dua kali yang menunjukkan hasil positif. namun sejak hari-hari menjelang haid sampai saat ini bagian bawah rahim saya kadang merasakan nyeri seperti saat haid. nyerinya tidak sakit, hanya seperti merasakan kontraksi kecil dan berlangsung sebentar. hal tersebut terjadi karena apa, ya, Dok? jika saya hamil, apakah hal tersebut berbahaya bagi kehamilan saya? apakah cairan sperma yang masuk ke vagina setelah terjadi pembuahan sebelumnya membahayakan bagi bakal janin atau janin dan sang ibu? hubungan intim seperti apa yang aman bagi wanita hamil dan berapa kali dalam seminggu frekuensi yang aman? terimakasih atas penjelasannya, Dok.(perempuan, 22 thn,158 cm,58 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami dapat memahami keresahan yang Anda alami saat ini. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami akan menjelaskan sedikit mengenai tanda-tanda kehamilan, agar dapat dipahami dengan baik.

Tanda-tanda kehamilan terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti (tidak khas) yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  • terlambatnya periode menstruasi
  • sering berkemih
  • pembesaran dan nyeri pada payudara
  • mual
  • perasaan lelah
  • daerah sekitar puting susu menghitam
  • peningkatan suhu tubuh
  • flek perdarahan karena perlekatan embrio ke dinding rahim, dsb

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  • terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  • terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi 
  • terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Tanda yang paling mudah untuk mencurigai adanya kehamilan adalah faktor keterlambatan menstruasi, seperti yang Anda alami saat ini. Dan berdasarkan penjelasan Anda, memang besar kemungkinan bahwa saat ini Anda sedang hamil. Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif, terlebih Anda telah melakukannya sebanyak dua kali. Hasil positif telah dapat ditemukan 8 hari setelah pembuahan pada 5% perempuan, dan angka ini akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan.

Kemudian mengenai keluhan nyeri perut bawah yang Anda rasakan. Nyeri perut pada ibu hamil merupakan salah satu keluhan yang seringkali ditemui. Sebenarnya tidak semua nyeri timbul akibat suatu kelainan yang serius, terutama apabila hanya dirasakan sesekali, seperti pada kasus Anda. Pengaruh gas dalam perut, penekanan organ oleh rahim yang membesar, peregangan dan penebalan ligamentum penahan rahim, perubahan posisi tiba-tiba, dan konstipasi juga dapat menyebabkan keluhan yang serupa.

Hubungan suami istri sebenarnya dapat dilakukan sejak awal kehamilan sampai menjelang akhir kehamilan dengan posisi terbaik perempuan di atas (woman on top), kecuali ada kondisi-kondisi yang berisiko terjadinya abortus, seperti riwayat perdarahan dan kontraksi pada awal kehamilan. Namun meninjau keluhan Anda saat ini, memang sebaiknya Anda tidak melakukan hubungan terlebih dahulu sebelum memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk menyingkirkan berbagai kemungkinan penyebab lain yang lebih serius. 

Selain itu, perhatikanlah untuk senantiasa menjaga kecukupan nutrisi Anda dan janin dalam kandungan Anda, disertai istirahat cukup dan olahraga secara teratur. Anda dapat manggunakan fitur Kalender Kehamilan kami yang terletak pada bagian kanan halaman depan situs klikdokter.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai pertumbuhan dan perkembangan janin beserta tips-tips yang perlu diketahui ibu hamil sejak kehamilan minggu pertama hingga minggu ke-40.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar