Sukses

Sulit hamil setelah kuretase

19 Oct 2014, 12:23 WIB
Wanita, 30 tahun.
Saya wanita 30 tahun, awal maret saya dikuret ,dan sampai sekarang saya belum hamil,Saya tidak memakai kontrasepsi,yang ingin saya tanyakan apakah ada gangguan pada rahim atau kesuburan sehingga saya jadi susah hamil lagi,siklus haid saya setiap tgl 1-5 ,untuk berhubungan intim kami lakukan pada puncak masa subur yaitu tgl 13-16,Apakah itu sudah benar,Mohon penjelasan dari dokter.Atas jawabanya saya ucapkan terimakasih.(perempuan, 30 thn,152 cm,60 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kuretase umumnya dilakukan apabila terdapat sisa jaringan di dalam rahim akibat dari proses abortus. Tentu saja setelah kuretase dilakukan, selaput  bagian dalam rahim akan terluka dan membutuhkan proses penyembuhan. Setelah kuretase, sebaiknya menunda kehamilan sampai 2-3 siklus menstruasi berikutnya untuk menyempurnakan proses penyembuhan rahim.

Kuretase sendiri tidak akan mempengaruhi proses kehamilan. Selama ini Anda dan suami sudah melakukan hal yang benar dengan memperkirakan masa subur Anda untuk melakukan hubungan intim, namun hubungan intim sebaiknya dilakukan secara teratur 2-3x setiap minggunya sejak puncak masa subur hingga datang menstruasi berikutnya. Adapun posisi yang dianjurkan untuk melakukan hubungan adalah posisi laki-laki di atas (misionaris). Selain itu, penting untuk Anda dan suami agar:

  • Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio
  • Asupan nutrisi yang adekuat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup

Lebih lanjut mengenai persiapan kehamilan dapat Anda baca dengan mengakses beberapa artikel kami berikut ini:

Merencanakan Kehamilan

Sepuluh Cara Meningkatkan Kesuburan

Persiapkan Kehamilan dengan Konsumsi Asam Folat

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar