Sukses

Mandul = Tidak subur?
30 Dec 2015, 08:44 WIB
Wanita, 27 tahun.

dok sy mau tanya kl tanda tanda wanita mandul spt apa yah? kl menstruasi sy teraktur tiap bulan siklusnya slama 28 hr, kira-kira masih ada kemungkinan mandul atau ngga yah dok? tq( perempuan, 27 thn,153 cm,43 Kg)

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kemandulan merupakan ketidakmampuan untuk hamil yang disebabkan oleh kelainan  permanen pada indung telur sehingga tidak mampu menghasilkan sel telur untuk dibuahi. Hal ini berbeda dengan istilah ketidaksuburan atau infertilitas.

Infertilitas primer adalah kondisi belum terjadinya kehamilan setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2 - 3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi.

Jika memang ada infertilitas primer, perlu dicari penyebabnya baik dari pihak ayah maupun ibu. Pihak ibu dapat melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui anatomi alat kandungan, dan mungkin pemeriksaan hormonal (tergantung kebutuhan).

Suami dapat melakukan pemeriksaan analisis sperma (kualitas dan kuantitas). Apabila ada kelainan yang ditemukan maka terapi yang diberikan sesuai dengan penyebab gangguan kesuburan tersebut.

Terjadinya menstruasi membutuhkan keseimbangan hormon yang baik. Jika selama ini menstruasi Ibu teratur, maka kemungkinan adanya gangguan hormonal sebagai penyebab infertilitas mungkin dapat disingkirkan. Untuk itu perlu dicari apakah ada kelainan anatomi alat kandungan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terima kasih,

 

Tim Redaksi KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar