Sukses

Teh dan coklat dalam kehamilan

11 Aug 2009, 14:02 WIB
Wanita, 22 tahun.
siang dok 1. dok seberapa byk ibu hamil blh mengkonsumsi teh dan coklat? 2. usia kandungan saya 19 minggu,kmrn dah diperiksa usg tp bayi saya gerak" trs dok,dan setiap hr pun saya sll merasakan gerakan bayi yg sering. apakah itu termasuk bayi saya aktif? trims dok( perempuan, 22 thn,155 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang Anda ajukan.

1. Seberapa banyak ibu hamil boleh mengonsumsi teh dan coklat?

Teh dan coklat merupakan suatu asupan makanan yang mengandung kafein. Selain teh dan coklat, kopi dan minuman bersoda pun termasuk salah satu sumber kafein. American Journal of Obstetrics and Gynecology, merekomendasikan konsumsi kafein pada ibu hamil dibatasi sampai dengan 200 mg per hari. Konsumsi kafein lebih dari jumlah yang dianjurkan akan dapat meningkatkan risiko keguguran janin.

Selain risiko tersebut, konsumsi kafein berlebihan menurut penelitian dapat meningkatkan sedikit risiko bayi lahir dengan berat badan rendah, dan undesenden testis (testis janin tidak turun dari abdomen/perut ke skrotum/buah zakar).

Kafein sendiri merupakan suatu stimulan yang memiliki efek meningkatkan detak jantung, meningkatkan tekanan darah, menyebabkan heartburn (peningkatan asam lambung), dan insomnia. Berhati-hatilah juga karena kafein tidak hanya terdapat di dalam minuman, namun juga di dalam makanan dan obat (obat flu, sakit kepala, obat alergi).

Jumlah 200 mg kafein setara dengan 2-3 cangkir kopi instant, 4 gelas teh, 5 kaleng minuman bersoda, dan sekitar 4 bar (@50g) coklat batangan. Usahakan jangan lebih dari jumlah tersebut setiap harinya.

2. usia kandungan saya 19 minggu,kmrn dah diperiksa usg tp bayi saya gerak" trs dok,dan setiap hr pun saya sll merasakan gerakan bayi yg sering. apakah itu termasuk bayi saya aktif?

Janin memiliki irama sirkardian aktivitas, dan cenderung lebih aktif pada malam hari, mulai triwulan kedua. Janin dapat lebih aktif sekitar 1 jam setelah ibunya makan karena ada peningkatan kadar gula darah ibu. Pergerakan janin merupakan salah satu indikasi kesehatan janin.

Rata-rata gerak janin dalam satu jam adalah 4 - 6 kali, namun hal ini tidak sama untuk setiap janin dan ibu hamil. Tiap ibu sebaiknya mengidentifikasi pola sehari-hari dan jumlah gerak janin pada tiap-tiap kehamilannya. Perubahan pada pola atau jumlah gerak yang signifikan (berkurang) dapat menjadi indikasi janin dalam keadaan stress.

Peningkatan gerak janin merupakan tanda-tanda janin yang aktif dan sehat. Pola pergerakan akan berubah selama kehamilan karena ruang gerak janin yang semakin sempit seiring pertumbuhannya.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar