Sukses

Apakah saya keguguran?

20 Oct 2014, 03:25 WIB
Wanita, 28 tahun.
Selamat Siang, Aku wanita menikah sudah hampir 2 thn ( 06/01/08 ) sampai kini belum hamil, dulu 3 bulan awal pernikahan aku merasa seperti hamil, karena kondisi fisik dari payudara dan panggulku berubah, awalnya aku mengira sedang sakit radang usus lalu aku periksa ke dokter umum I tgl 21/04/08( haid ku tgl 03/04/08), beliau menanyakan jadwal haid ku, diberi obat dan aku merasa perutku masih belum sembuh, aku pergi ke dokter umum II tgl 23/04/08( dokter langgananku ) beliau pun menanyakan jadwal haidku pula dan apakah aku sdg hamil ? tp aku jwb tdk tahu krn belum telat haid, aku diberi obat dan sempat aku tanyakan jika aku benar hamil apakah obat ini baik utk kandunganku ? dokter diam sejenak lalu menjawab " aku tidak salah juga dong kasih obat ini karena kan kamu belum tahu sudah hamil atau belum ? dan setelah aku konsumsi obat itu perutku yg sakit akhirnya sembuh, tapi besoknya timbul warna coklat lumayan banyak di celana dalam ku selama 3 hari berturut2, aku pikir aku mulai masa haid ( walaupun bagiku itu terlalu dini dari jadwal seharusnya ) setelah itu warna kecoklatan itu hilang dan bersih lg dan kurang lebih seminggu kemudian aku datang bulan(30/04/08...masa haidku sering maju 4-5 hari dari sebelumnya), yang ingin aku tanyakan apakah saat itu sebenarnya aku sdg hamil ? tp sedang dlm masa pembuahan ? jika benar berarti aku kegugurankah ? dan perlukan aku melakukan kuret ? dan bagaimanakah caranay supaya aku bisa hamil lagi ? apakah setelah keguguran tsb aku akan lama untuk bisa hamil lagi ? Maaf yah kalu terlalu panjang pertanyaanya, informasi dari dokter sangat aku perlukan. Terima kasih ( perempuan, 28 thn,161 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang Anda ajukan :

Apakah saat itu sebenarnya aku sdg hamil ? tp sedang dlm masa pembuahan ? jika benar berarti aku kegugurankah ?  perlukan aku melakukan kuret ?

Apabila siklus menstruasi Anda teratur dengan rentang 24-25 hari, dimana haid pertama Anda jatuh pada tanggal 03/04/08 dan haid berikutnya datang pada tanggal 30/04/08 (siklus 27 hari), maka kemungkinan masa subur Anda jatuh pada tanggal 14-18 April 2008. Pertanyaannya sekarang, apakah pada masa subur tersebut Anda melakukan hubungan intim secara rutin dimana memang akan memperbesar kemungkinan terjadinya kehamilan?

Di dalam data yang Anda berikan, sayangnya Anda tidak mengungkapkan nama obat yang diberikan oleh dokter Anda. Point pertama, beberapa obat memang tidak boleh diberikan pada kehamilan atau dapat diberikan dengan petunjuk dokter. Obat-obat yang terlarang umumnya menyebabkan kecacatan pada janin, bukan mematikan janin.

Point kedua, sulit sekali menentukan apakah Anda saat itu sedang hamil atau tidak, karena Anda sendiri belum terlambat haid dan belum ada tanda-tanda kehamilan, nama obat Anda tidak berikan (sehingga kami tidak tahu apakah berbahaya untuk kehamilan), dan apabila memang seandainya Anda hamil, embrio tersebut baru berusia 1 minggu yang berarti baru berupa kumpulan sel yang sedang mencoba melekat ke rahim. Gangguan pada tahapan ini (apabila embrio tidak berhasil melekat) tidak akan memerlukan tindakan kuret karena embrio sendiri hanyalah kumpulan sel, belum berbentuk janin.

Point ketiga, flek kecoklatan pada wanita banyak penyebabnya, gesekan mulut rahim yang pada akhirnya menimbulkan perdarahan, infeksi, dan iritasi daerah vagina dan mulut rahim pun dapat menimbulkan flek coklat. Yang menjadi pertanyaan kedua, apabila Anda memang mencurigai Anda hamil saat itu, mengapa Anda tidak berkonsultasi ke dokter kebidanan dan harus menunggu 1 tahun untuk berkonsultasi?

Kesimpulannya, sulit untuk menentukan apakah Anda saat itu sedang hamil atau tidak karena yang pertama adalah Anda belum mengalami tanda-tanda kehamilan (terutama tanda kehamilan pasti seperti pemeriksaan B-hCG di laboratorium yang positif), dan yang kedua adalah penyebab flek coklat pada wanita bukan hanya satu, namun beberapa yang masih dapat menjadi diagnosis banding.

Bagaimanakah caranay supaya aku bisa hamil lagi ? apakah setelah keguguran tsb aku akan lama untuk bisa hamil lagi ?

Jika setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2 - 3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi, kehamilan belum juga terjadi berarti sudah memenuhi kriteria infertilitas primer. Apakah Anda dan suami sudah memenuhi definisi tersebut? Jika memang ada infertilitas primer, perlu dicari penyebabnya baik dari pihak ayah maupun ibu. Setelah fase keguguran, dalam 2-3 siklus haid, seorang wanita akan dapat hamil lagi apabila tidak bermasalah.

Apakah Anda dan suami sudah melakukan pemeriksaan kesuburan?

Anda dapat melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui anatomi alat kandungan, mungkin pemeriksaan HSG (untuk mengetahui sumbatan saluran tuba), dan pemeriksaan hormonal (tergantung kebutuhan). Suami Anda dapat melakukan pemeriksaan analisis sperma (kualitas dan kuantitas).

Apabila ada kelainan yang ditemukan maka terapi yang diberikan sesuai dengan penyebab gangguan kesuburan tersebut. Jangan terlalu khawatir, angka kehamilan pasutri setelah 1 tahun pertama adalah 60% dan setelah tahun kedua adalah 90%. Ikuti pola hidup sehat, berhubungan intim teratur, dan banyaklah berdoa kepada Yang Maha Kuasa.

Akan lebih baik apabila Anda berkonsultasi secara langsung kepada dokter kebidanan dan kandungan apabila Anda berniat melakukan pemeriksaan kesuburan dan program kehamilan.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar