Sukses

Hiperprolaktinemia

06 Aug 2009, 10:37 WIB
Wanita, 30 tahun.
Siang dokter, Dalam program mempunyai anak, suami sy melakukan pemeriksaan hormon, adapun hasilnya sbb: FSH = 16 LH = 18,3 PROLAKTIN = 35,8 ESTRADIOL = 32,1 FREE TESTOSTERON = 16,7 apakah benar suami sy kelebihan hormon yg seharusnya itu untuk hormon wanita? apakah pengobatan ini memakan waktu lama? terima kasih( perempuan, 30 thn,168 cm,73 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Berdasarkan data yang Anda berikan, terlihat adanya peningkatan hormon prolaktin pada suami Anda. Normalnya kadar hormon prolaktin berada di bawah 20 ng/ml. Peningkatan kadar hormon prolaktin dapat disebabkan karena beberapa hal, diantaranya adalah :

  • Prolaktinoma atau tumor kelenjar hipofisis
  • Hipotiroid primer yang menyebabkan peningkatan hormon TRH
  • Obat-obatan anti-psikotik
  • Stres emosional

Prolaktin merupakan salah satu hormon seks pada pria maupun wanita. Peningkatan kadar prolaktin dapat menekan sekresi atau produksi hormon FSH dan GnRH yang berujung menjadi hipogonadisme atau penurunan produksi sperma. Hal ini dapat berujung pada gangguan kesuburan pria.

Selain itu, terkadang peningkatan prolaktin menyebabkan disfungsi ereksi pada pria. Untuk terapi peningkatan prolaktin haruslah terlebih dahulu  diketahui penyebabnya baru dapat dilakukan terapi sesuai dengan dasar penyebab. Untuk masalah ini, kami sarankan agar  suami Anda berkonsultasi ke dokter spesialis Andrologi.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar