Sukses

Anak 9 bulan gigi baru tumbuh satu

20 Oct 2014, 01:15 WIB
Wanita, 35 tahun.
Wajarkah anak umur 9 bulan, pertumbuhan gigi baru 1! Untuk diketahui selama ini anak saya tidak suka makan bubur buatan sendiri, lebih cenderung bubur dos dan agak susah mau makan, Terima kasih( perempuan, 35 thn,158 cm,52 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Pada usia 9 bulan, idealnya gigi depan atas sudah tumbuh, setidaknya dua gigi depan yaitu gigi insisif (gigi seri) sentral. Ada anak yang gigi insisif lateralnya juga sudah tumbuh, seperti dapat dilihat pada gambar di bawah ini jadi total gigi yang sudah tumbuh minimal empat gigi depan atas.

 

Gambar grafik pertumbuhan gigi sulung pada anak-anak. Sumber: http://www.ada.org/public/topics/tooth_eruption.asp

Namun tidak semua anak memiliki waktu pertumbuhan gigi yang sama, terkadang lebih lambat atau cepat beberapa bulan. Umumnya hal ini dipengaruhi oleh status gizi anak, dan juga dipengaruhi oleh status nutrisi ibu saat sedang hamil. 

Makanan yang keras lebih merangsang pertumbuhan gigi dan tulang rahang, oleh sebab itu anak balita   sebaiknya jangan selalu diberi makanan tambahan yang lunak. Ada baiknya Anda mulai melatih anak Anda untuk memberi makanan yang konsistensinya lebih “kasar”  misalnya dari bubur saring kemudian dibiasakan makan nasi yang diblender, supaya anak lebih banyak menggunakan gigi, tulang rahang dan otot-otot pengunyahannya.  Demikian juga setelah anak berusia lebih besar, sebaiknya tidak diberi makanan yang lunak tapi divariasikan dengan makanan yang lebih keras. Saya sarankan Anda juga berkonsultasi dengan dokter spesialis anak agar Anda mendapatkan anjuran terbaik untuk meningkatkan nafsu makannya, sehingga nutrisi anak Anda dapat tercukupi.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi Klikdokter.

 

Drg. Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar