Sukses

Telat haid namun tidak hamil

20 Oct 2014, 01:47 WIB
Wanita, 27 tahun.
Siang dokter. saya punya kakak yg sdh menikah 2 tahun tp blm punya momongan. bulan juni lalu kakak saya telat haid smp dengan skg ini dan gejala2nya seperti hamil. kram perut. nafsu makan bertambah, payudara pun membesar. perutnya pun sedikit agak membesar. awal bulan juli lalu kakak saya USG tp dokternya blg tdk terlihat tanda2 kehamilan. akhir bulan juli kakak saya coba ke bidan untuk mencek ulang lagi. tapi jawabanya pun sama dgn dokter yang kemaren. kami jadi binggung. kira2 kenapa ya dengan kakak. terima kasih( perempuan, 27 thn,160 cm,60 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Akan lebih mudah untuk dianalisis apabila Anda menyertakan data menstruasi kakak Anda selama 3 bulan terkahir, atau minimal tanggal menstruasi terakhir agar dapat dianalisis apakah normal ataukah memang terdapat gangguan menstruasi.

Kondisi kakak Anda saat ini disebut dengan oligomenorea yaitu siklus menstruasi lebih dari 35 hari. Siklus haid melebihi 35 hari disebut oligomenorea yang umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal.  Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari.

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan keadaan ini, antara lain adalah pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama, pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia), obesitas, stres psikologis, PCOS (kista ovarium), aktivitas berlebih seperti atlit, gangguan indung telur, kekurangan vitamin K, penggunaan obat-obatan tertentu, kelainan pembekuan darah, gangguan hormon tiroid, dsb.

Apabila kakak Anda masih mengalami gangguan siklus haid lebih lanjut kami sarankan sebaiknya segera mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk konsultasi. Oligomenore pada wanita muda paling banyak disebabkan karena ketidak seimbangan hormonal.

Apakah kakak Anda sudah melakukan pemeriksaan test pack atau laboratoium (B-hCG)? Apabila hasil pemeriksaan laboratorium untuk hormon hCG memang negatif maka dapat dilakukan USG ulang. Keterlambatan menstruasi pada wanita usia reproduksi akan dicurigai sebagai kehamilan sampai terbukti bukan.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar