Sukses

Pemberian ASI pada bayi

20 Oct 2014, 10:21 WIB
Wanita, 25 tahun.
dokter, saya sekarang hamil 8 bulan. mau nanya terkait ASI. apakah kolostrum (ASI pertama kali) baru bisa keluar setelah 2-3 hari dari persalinan? bila memang seperti itu si bayi apa harus diberi susu formula terlebih dahulu? dan apa yang harus saya persiapkan agar nantinya tidak ada masalah dalam menyusui bayi karena saya ingin sekali menyusui dengan ASI. trimakasih ( perempuan, 25 thn,164 cm,73 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Memang benar bahwa ASI untuk pertama kali keluar atau disebut juga dengan kolostrum baru keluar sekitar 2-3 hari setelah melahirkan. Untuk fase awal, silakan mencoba menyusui bayi Anda dengan ASI. Meskipun sedikit pada permulaan, namun ASI tetap keluar. Sebisa mungkin jangan memberikan susu formula pada bayi baru lahir apabila Anda ingin melakukan ASI eksklusif.

Bayi sendiri memiliki lemak coklat yang berfungsi sebagai cadangan makanannya. Jadi apabila ASI Anda di waktu awal belum mencukupi, bayi tidak akan kelaparan karena memiliki cadangan makanan sendiri. Berat badan bayi pun akan turun sekitar 10-15% dari berat badan lahir selama 2 minggu pertama dikarenakan proses adaptasi. Hal tersebut normal terjadi.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar