Sukses

Hamil di Usia 36 Tahun

19 Oct 2014, 16:47 WIB
Wanita, 36 tahun.
saya sudah menikah 11 tahun dan sudah 2 kali hamil di luar kandungan pada tahun 1999 dan 2006. setelah operasi kedua siklus haid saya antara 28-29 hari sebelumnya 30-34 hari. tahun 2001 saya pernah menjalani IBS tapi hasilnya gagal dan dari hasil pemeriksaan lab. disimpulkan "antibody anti sperma sangat tinggi pada darah istri" dan hasil test sperma suami normal. dokter terakhir yang mengoprasi saya mengatakan bila saya ingin hamil lagi hanya dengan cara bayi tabung. yang ingin saya tanyakan dokter, berapa persen keberhasilan bayi tabung dengan kodisi seperti saya ini dan kira-kira berapa estimasi biaya yang akan saya keluarkan sampai janin disuntikan ke rahim saya. terimakasih.( perempuan, 36 thn,165 cm,67 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Meninjau Anda sudah menikah selama 11 tahun, dan sudah 2 kali hamil di luar kandungan, tampaknya masalah sulit hamil yang utamanya adalah gangguan pada fungsi saluran telur. Mengingat usia saat ini sudah 36 tahun, maka jalan terbaik untuk hamil adalah memang dengan cara bayi tabung.

Sedangkan masalah antibodi anti sperma saat ini tidak begitu berpengaruh terhadap prosedur pengobatan.Kemungkinan hamil dgn program bayi tabung sangat tergantung pada faktor usia istri. Pada usia 36 thn,kemungkinan hamil sekitar 35%. Sedangkan biaya bayi tabung sangat tergantung protokol yang digunakan, jenis obat, dosis obat dan lamanya pemakaian obat2an. Secara umum biaya proses bayi tabung berkisar antara 50-60 juta rupiah sampai embrio ditransfer kembali ke dlm rahim ('1 teatment cycle').

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

dr. Indra N. C. Anwar, SpOG
(Redaksi Pengasuh Rubrik Kebidangan & Kandungan Klikdokter.com)

0 Komentar

Belum ada komentar