Sukses

'Pengang' pada telinga

18 Oct 2014, 09:11 WIB
Wanita, 36 tahun.
sudah empat hari ini pendengaran saya agak terganggu. terasa seperti pengang. sebelumnya kuping saya sempat berdenging setelah itu baru terasa pengang seperti tersumbat udara. tapi pendengaran saya masih normal saja. kira2 apakah ada infeksi di dalam kuping saya? terimakasih atas bantuannya( perempuan, 36 thn,165 cm,67 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kondisi yang Anda alami dapat disebabkan oleh beberapa hal. Sebelumnya akan kami jelaskan mengenai suara berdenging yang Anda alamii.Persepsi suara dari telinga (bunyi berdenging atau berdengung) tanpa adanya rangsangan eksternal di dalam dunia medis disebut dengan tinitus.

Tinitus merupakan salah satu gejala dari beberapa penyebab gangguan telinga seperti infeksi pada telinga, benda asing di telinga, alergi, luka pada telinga akibat pajanan suara yang terlalu keras, serumen prop (kotoran telinga yang keras), efek samping obat (aspirin, tetrasiklin), dan beberapa penyakit telinga lainnya.

Gangguan pendengaran atau perasaan 'pengang' yang Anda alami saat ini dapat disebabkan oleh salah satu penyebab yang kami sebutkan di atas. Mungkin sebelumnya Anda dapat mengingat-ingat kejadian yang Anda alami dan dapat menyebabkan gangguan pada telinga Anda, seperti pajanan suara terlalu keras, mengorek-ngorek telinga dengan cotton bud, berenang, sinusitis, infeksi saluran pernapasan, dan lain-lain.

Apabila keluhan berlanjut, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis THT untuk evaluasi secara holistik.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar