Sukses

Berat bertambah selama kehamilan

29 Jul 2009, 10:28 WIB
Wanita, 22 tahun.
pagi dok 1. dok buah"an apa saja yg tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil,dan mengapa tidak boleh mengkonsumsi buah tersebut? 2. dok sebelum saya hamil berat badan saya 41 kg dan tinggi 155cm. pada saat hamil usia kandungan 2minggu berat badan 42kg,dan saat minggu ke 14 berat badan saya tetap 42kg,apakah berat badan saya cukup saat hamil? dan pada usia kandungan brp berat badan saya akan meningkat? trims dok( perempuan, 22 thn,155 cm,42 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Pada kehamilan trimester pertama, sangat dianjurkan mengonsumsi makanan dalam jumlah seimbang dan ditambahkan dengan asam folat sebanyak 400 mikrogram guna perkembangan otak dan saraf janin. Pada trimester kedua, asupan makanan sehari-hari disarankan memiliki tambahan kalori sebanyak 300 kalori untuk pertumbuhan janin.

Tidak ada jenis buah-buahan yang dilarang di dalam kehamilan. Mitos mengatakan bahwa nanas dapat berbahaya dalam kehamilan. Namun sampai saat ini belum ada penelitian yang dapat membuktikannya. Nanas memang mengandung bromelaine yang apabila dikonsumsi dalam jumlah besar, bromelaine dapat meningkatkan kontraksi dinding rahim dan menyebabkan keguguran, terutama pada 3 bulan pertama kehamilan. Konsumsi buah jenis apapun tidak ada larangannya asalkan tidak berlebihan dan sesuai kebutuhan.

Peningkatan berat badan pada trimester pertama hanya berkisar 1-2,5 kg. Pada trimester berikutnya atau sekitar minggu ke-14 sampai minggu ke-40, peningkatan berat badan berkisar 0,5 kg/minggu. Jadi apabila kehamilan Anda baru memasuki minggu ke-14, maka pertambahan berat badan Anda baru akan dimulai.

Anda dapat membaca lebih lengkap mengenai informasi kehamilan dari minggu 1-40 masa kehamilan beserta tipsnya melalui fitur Kalender Kehamilan yang terdapat di halaman depan website kami atau dapat Anda akses melalui URL link di bawah ini :

https://www.klikdokter.com/widget_pregnancy_info.php

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar