Sukses

Kemaluan bengkok?

29 Jul 2009, 09:46 WIB
Pria, 14 tahun.
daok mau tanay nih...,kenapa kelamin saya bengkok waktu ereksi?( laki-laki, 14 thn,160 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Adik yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelum menjawab pertanyaan Adik, perlu dipastikan terlebih dahulu mengenai definisi kemaluan bengkok yang Adik maksud. Apakah kebengkokan tersebut sudah ada sejak lama? Ke manakah arah bengkokan tersebut (ke bawah atau samping)? Bagaimanakah derajat kebengkokannya? Apakah sebelumnya pernah mengalami luka di daerah tersebut?

Kebengkokan pada penis dapat terjadi akibat variasi normal individu yang tidak berbahaya. Tetapi dapat pula terjadi akibat kondisi medis tertentu yang bisa sangat mengganggu. Penyebab paling sering adalah Peyronie's Disease, yaitu sebuah keadaan terbentuknya lapisan jaringan  fibrosa parut (plak) yang keras di bawah kulit pada bagian atas atau bagian bawah penis. Ketika kemaluan mengalami ereksi, jaringan parut tersebut menarik bagian penis tersebut sehingga terbentuk penis yang bengkok. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa nyeri saat ereksi.

Pada pemeriksaan fisis dapat dirasakan adanya plak yang keras di bawah kulit sisi yang bengkok. Penyebab tersering keadaan ini adalah trauma pada penis. Selain itu, terdapat beberapa jenis obat-obatan yang dapat menyebabkan keadaan serupa. Namun, banyak pula yang tidak diketahui penyebabnya. Faktor risiko keadaan ini adalah genetik (keturunan) atau keadaan lain yang serupa (jaringan yang mengeras sehingga menyebabkan bengkok) pada tangan atau kaki. Penyebab lain dapat berupa striktur pada uretra (riwayat trauma saluran kemih) atau hipospadia.

Kami menyarankan Adik untuk berkonsultasi dengan dokter anak. Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

 

Terima kasih. 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar