Sukses

Gigi ngilu sekali

28 Jul 2009, 08:56 WIB
Pria, 37 tahun.
dokter yang terhormat saya akan bertanya tentang kondisi gig saya. kondisi gigi saya semuanya ganpang goyah dan ngilu. kalau sudah terasa ngilu kena air disaat berkumur aja udah ngilu sekali dan itu berlangsung berhari-hari bahkan berminggu-minggu. bagaimana cara mengatasinya adakah obatnya terima kasih atas jawabannya( laki-laki, 37 thn,175 cm,67 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bpk/Sdr. yang Terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Sebelumnya coba Anda mengingat-ingat lagi bagaimana cara Anda menggosok permukaan gigi bagian depan selama ini, apakah sikatnya diarahkan ke kanan-kiri dengan tekanan yang cukup keras. Gerakan seperti ini, bila dilakukan selama bertahun-tahun, lebih besar potensinya untuk mengakibatkan ausnya gigi, terutama di daerah leher gigi yang lapisan emailnya tipis. Selain itu, perlekatan gusi ke gigi juga bisa rusak akibat gerakan sikat gigi yang salah, sehingga permukaan akar yang seharusnya tertutup gusi menjadi terbuka. Daerah ini lebih sensitif karena tidak ada lapisan emailnya. Kemungkinan besar, yang Anda alami adalah gigi hipersensitif. Kemungkinan lainnya adalah sudah terjadi karies pada gigi yang ngilu tersebut. Bila Anda memiliki riwayat kebiasaan mengerat gigi di malam hari (bruxism), gigi Anda juga dapat menjadi aus sehingga lapisan email terkikis dan lapisan dentin dibawahnya menjadi terekspos dan lebih sensitif terhadap rangsang suhu dan asam. Semua yang Saya kemukakan di atas hanya berdasarkan asumsi sebab untuk menegakkan diagnosa yang pasti dan rencana perawatan, dokter gigi tetap harus memeriksa Anda secara langsung dan menanyakan riwayat penyakit dan kebiasaan Anda secara lengkap sehingga dapat diketahui etiologi/penyebab dari keluhan yang Anda utarakan. Oleh karena itu Saya sarankan Anda segera konsultasi langsung ke dokter gigi.

Untuk lebih jelasnya mengenai gigi hipersensitif, silakan membuka https://www.klikdokter.com/article/detail/825. Dalam artikel tersebut telah Saya ulas juga mengenai perawatan gigi hipersensitif baik oleh pasien di rumah maupun dokter gigi di klinik. Bila masih ada yang kurang jelas, silakan kembali melayangkan pertanyaan ke redaksi Kami.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar