Sukses

Kista pada rahim

29 Jul 2009, 18:55 WIB
Wanita, 21 tahun.
Hai bu / pak dokter, saya pernah operasi kista sebesar 0,1 cm sekaligus usus buntu pada maret 2006.. lalu anehnya menstruasii saya masih sakit sekali dan setiap bulan hampir pirngsan,, kemudian saya memeriksakan diri lagi ke dokter kandungan, dan saya diterapi dengan depoprogestin selama 4 bulan @1 kali. tapi walaupun begitu dokter saya tidak bisa memastikan apakah saya terkena endometriosis apa tidak karena dari hasil USG normal. Yang ingin saya tanyakan, menstruasi saya sudah tidak sakit lagi dan teratur, tetapi mengapa menstruasi saya hanya 1 hari setiap bulannya dan sisanya hanya flek2 kecoklatan saja. Dulu pernah saya tanyakan ke dokter, tapi katanya tidak masalah.. Tetapi saya tetap saja kawatir dok,kawatir kalau saya menstruasi tanpa pengeluaran sel telur.. apa yg harus saya lakukan dok? apa memang masih ada efek dari obat hormonal yang dulu saya pernah konsumsi? apa saya masih bisa hamil? Mohon dijawab dok, Terima kasih. ( perempuan, 21 thn,155 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sayang sekali tidak ada penjelasan mendetil lebih lanjut mengenai pemeriksaan patologi anatomi (PA) dari kista tersebut, karena perlu diteliti lebih lanjut pula, apakah jenis endometriosis atau bukan.

Sekilas dari riwayat Anda, meninjau ada peningkatan kondisi berkurangnya nyeri haid pasca pengobatan suntikan progesteron depo, kami berasumsi terdapat kemungkinan Anda memilki endometriosis. Karena hal tersebutah yang menjelaskan endometriosis memang tidak kelihatan dengan USG kecuali berupa kista atau adenomiosis (endometriosis di otot rahim). Sebenarnya pada saat operasi kista, bisa dilihat dengan jelas apakah ada endometriosis dalam rongga perut atau tidak.

Soal haid sedikit, bisa saja akibat msh ada pengaruh suntikan hormon sebelumnya, sehingga sel telur belum tumbuh. Namun sebelum ada rencana hamil, hal ini tidak perlu diobati. Tentu Anda masih memiliki peluang cukup baik untuk hamil. Pastikan Anda memeriksakan diri segera begitu Anda sudah siap untuk hamil.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

dr. Indra N. C. Anwar, SpOG
(Redaksi Pengasuh Rubrik Kebidangan & Kandungan Klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar