Sukses

Kista pada kehamilan

28 Jul 2009, 18:30 WIB
Wanita, 33 tahun.
Dokter Saya sdh lama menikah dan Alhamdullilah saat ini istri saya sedang hamil 5 minggu. Pada waktu check di dokter, istri saya di diagnosa terdapat kista, Dan dokter menganjurkan utk melihat perkembangan kista tersebut selama 1 bln kedepan kemudian baru diambil tindakan. Pertanyaan saya , istri saya 5 bln yg lalu check kandungan dan menurut dokter tidak terdapat kelainan tp mengapa skrng didiagnosa terdapat kista ? bisa kista itu hilang atau mengecil ? apa efek yg mungkin terjadi pd janin yg sedang dikandungnya ? terima kasih (perempuan, 33 thn,157 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter. Kami mengerti kekhawatiran anda terhadap kondisi istri anda dan kehamilannya saat ini.

Kista dapat terbentuk dari beberapa macam penyebab, antara lain ketidakseimbangan hormonal, keganasan, merokok, pertama kali mendapat haid pada usia sangat muda, pajanan zat kimia tertentu, stres, kurang aktivitas, nutrisi kurang, berhubungan dengan kesuburan, dsb. Anda mengatakan bahwa istri Anda telah menjalani pemeriksaan sebelumnya dan dinyatakan sehat oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungannya. Sebenaranya lima bulan adalah waktu yang cukup untuk berkembangnya kista, namun mengingat banyaknya faktor yang mempengaruhi, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebab kista pada istri Anda.

Dan sebelumnya menjawab pertanyaan Anda, perlu diketahui terlebih dahulu mengenai lokasi kistanya. Hampir semua kista pada ovarium yang ditemukan saat kehamilan bersifat jinak, bahkan beberapa dapat menghilang secara spontan. Namun masih terdapat kemungkinan keganasan, kista terpuntir ataupun robek yang tentunya dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Di sinilah letak pentingnya melakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala agar dokter dapat memantau perkembangan kondisi kehamilan istri Anda guna menentukan tindakan yang akan diambil selanjutnya.

Penanganan kista pada kehamilan bergantung pada jenis, ukuran dan gejala klinis yang ditimbulkan. Selama kista tersebut tidak mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin serta tidak menimbulkan gejala klinis berat, seperti nyeri panggul maka tidak diperlukan tindakan apapun. Umumnya kista sederhana berukuran < 5 cm  dapat mengecil secara spontan selama kehamilan, sedangkan kista campuran memerlukan evaluasi lebih lanjut.  "Apakah yang dikatakan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan istri Anda mengenai jenis kistanya?"

 

Yang dapat Anda dan istri lakukan saat ini adalah memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh ibu dan calon bayi Anda untuk tumbuh dan berkembang.  Dan setelah empat minggu (satu bulan) kami sarankan agar Anda dan istri kembali memeriksakan kondisi kehamilannya ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan, sesuai dengan anjuran dari dokter Anda. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa terapi yang sesuai sangat bergantung pada jenis, ukuran, dan gejala klinis yang ditimbulkan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar