Sukses

Gigi menghitam setelah sakit tipus

28 Jul 2009, 10:09 WIB
Wanita, 25 tahun.
Salam hormat untuk Bpk/Ibu Dokter... Saya mau tanya, beberapa bulan kemarin saya sakit Typus yang mengharuskan saya meminum antibiotik dalam jumlah yang cukup banyak karena sakit typus tersebut. Lalu kenapa ya dok, setelah beberapa bulan kemudian ko salah satu gigi saya ada yang seperti menghitam sedikit. Apakah karena pengaruh antibiotik tersebut? Lalu bagaimana agar kembali seperti sebelumnya? Terimakasih sebelum dan sesudahnya untuk jawabannya ya dok... ( perempuan, 25 thn,153 cm,53 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Sdri yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Antibiotik yang umum diberikan pada penyakit tipus adalah kloramfenikol atau ciprofloxacin. Kedua obat tersebut tidak pernah dikaitkan sebagai penyebab dari perubahan warna gigi seperti halnya tetrasiklin. Diskolorasi gigi yang disebabkan tetrasiklin pun biasanya tidak terjadi pada salah satu gigi saja tapi terjadi secara menyeluruh.

Bagaimana dengan riwayat gigi yang menghitam tersebut?Apakah gigi tersebut berlubang dalam dan pernah terasa sakit spontan?Ataukah pernah terbentur dan terasa sakit berdenyut spontan?

Gigi yang berubah warna adalah salah satu ciri bahwa gigi tersebut sudah non-vital (persyarafannya sudah mati). Penyebabnya bisa karena infeksi bakteri yang sudah mencapai ruang pulpa dan saluran akar, atau karena trauma misalnya karena gigi terbentur cukup keras sehingga mengganggu vaskularisasi gigi dan akhirnya suplai darah ke gigi terhenti dan gigi menjadi non vital.

Saya sarankan Anda segera berkunjung ke dokter gigi untuk menemukan inti dari permasalahan Anda, sehingga gigi tersebut dapat dirawat secepatnya. Penentuan diagnosa sulit dilakukan tanpa adanya riwayat Sdr secara lengkap dan pemeriksaan klinis gigi Anda.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Salam,

drg.Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar