Sukses

Periode menstruasi memanjang

20 Oct 2014, 05:26 WIB
Wanita, 16 tahun.
assalammualaikum dok,, saya berusia 16 thn. mulai menstruasi pertama 3 thn lalu. dan sejak itu, siklus menstruasi saya tidak stabil dan lama. saat pertama kali menstruasi lamanya 9 hari. dan selanjutnya lebih dari itu. bahkan sampai 1 bulan lebih tidak berhenti. dan kalaupun berhenti kira-kira hanya 2 munggu. yang ingin saya tanyakan, bagaimana solusinya? apakah hal ini dapat menyebabkan sulit mendapatkan keturunan? baikkah jika memakai pembalut setiap hari?( perempuan, 16 thn,162 cm,43 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Wa'alaikumsalam Wr. Wb.,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter. Kami dapat memahami perasaan Anda saat ini. Tentunya Anda khawatir keluhan haid Anda ini dapat mempengaruhi kondisi kesuburan Anda.

Siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Siklus menstruasi yang tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • pada 3-5 tahun pertama setelah menstruasi pertama
  • perempuan dengan gangguan makan (seperti anoreksia nervosa, bulimia)
  • perempuan dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • stres psikologis
  • atlit
  • kekurangan vitamin K
  • penggunaan obat-obatan tertentu
  • kelainan pembekuan darah
  • gangguan hormon tiroid, dsb

Periode menstruasi memanjang dalam bahasa medis disebut menoragia, yaitu menstruasi berlangsung lebih panjang dari 7 hari. Penyebabnya sangat bervariasi, mulai dari penyebab organik, endokrinologik (hormonal), anatomik, hingga tindakan medis tertentu. Namun seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa keluhan menstruasi tidak teratur wajar ditemukan selama 3 hingga 5 tahun sejak mendapatkan menstruasi pertama. Hal ini terjadi karena tubuh masih melakukan upaya penyesuaian terhadap kondisi hormonal yang dapat mempengaruhi keseimbangannya. Sementara ini Anda tidak perlu merasa khawatir. Pemakaian pembalut selama masa menstruasi tidak menjadi masalah, selama pembalut tersebut diganti paling tidak setiap 4-6 jam. Selain itu, cukupi kebutuhan nutrisi Anda dan berolahraga secara teratur. Apabila setelah 1-2 tahun Anda masih mengalami keluhan pada menstruasi Anda, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengevaluasi berbagai kemungkinan penyebabnya agar dapat dilakukan tatalaksana secara optmial. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar