Sukses

Gigi berlubang saat hamil

28 Jul 2009, 11:03 WIB
Wanita, 27 tahun.
Sore Dok, saat ini usia kehamilan saya memasuki usia 20 minggu. Dan sekarang kedua gigi gerahan saya ( kanan bawah & kiri bawah ) mengalami lubang lagi akibat tambalan yang terdahulu rusak. Saya ingin sekali ke dokter gigi untuk memeriksa lubang tersebut. Tapi biasanya ( pengalaman terdahulu ), sebelum menambal lubang tersebut, dokter menyuruh saya untuk Rontgen gigi untuk mengetahui seberapa parah lubang yang saya alami. Nah, yang ingin saya tanyakan, apakah yang harus saya lakukan demi gigi & janin saya karena saya pernah dapat info kalau ibu hamil itu sebaiknya menghindari Sinar Rontgen ?. Terima kasih banyak atas jawaban dokter.( perempuan, 27 thn,170 cm,58 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Saat ini Anda sudah memasuki trimester kedua, yang merupakan fase yang cukup aman bagi Anda untuk menerima perawatan gigi. Namun memang rontgen pada ibu hamil sebaiknya dihindari karena akan mengekspos ibu dan anak dengan radiasi.

Sebetulnya penambalan tidak harus selalu membutuhkan rontgen foto. Pemeriksaan foto dibutuhkan sebagai pemeriksaan penunjang untuk membantu penegakan diagnosa dan seberapa dalam karies yang telah terjadi (apakah sudah mencapai ruang pulpa atau belum), bila hasil pemeriksaan klinis meragukan. Bila hasil pemeriksaan klinis cukup kuat, pemeriksaan rontgen tidak perlu dilakukan. Tidak ada salahnya Anda untuk memeriksakan diri ke dokter gigi. Dokter gigi yang memeriksa Anda tentu tidak akan menyuruh Anda untuk difoto rontgen bila Ia tahu bahwa Anda hamil. Setidaknya pasti ada langkah darurat yang dapat diambil untuk mencegah karies lebih parah, dan tindakan dapat diteruskan setelah Anda melahirkan.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Salam,

drg.Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar