Sukses

Normalkah kehamilan saya?

29 Jul 2009, 09:43 WIB
Wanita, 27 tahun.
Selamat Siang dok... Dok...pd tgl 11 juli'09 yg lallu, sy periksa kehamilan, dalm hitungan saya, sy hamil 13 minggu, terakhir mens tgl 31 maret. waktu di tes detak jantung dgn doopler, detak jantunnya tdk terdengar?, tapi setelah di usg, kt dokter janinnya bagus.... hasil usg hanya ada catatan BPD 22,7 mm, apa itu BPD, apakah ukuran tersebut normal? Dok...ingin skali sy melampikan hasil cetak usg, agar team dokter pun dapat memberitahukan kepada sy, tentang perkembangan janin sy, apakah bs dok? trima Kasih..( perempuan, 27 thn,175 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Hari pertama haid terakhir Anda adalah 31 Maret, berarti pada tanggal 11 Juli lalu usia kandungan Anda sekitar 14-15 minggu.

Pada saat itu biasanya bunyi jantung janin sudah terdengar dengan menggunakan alat doppler, walau  agak samar terdengar. Dengan USG dengan mudah kita bisa melihat denyut jantung janin dan menghitung apakah frekuensi denyutnya dalam satu menit untuk memastikan janin dalam keadaan sehat. Selain itu, dengan USG kita juga bisa mengukur diameter kepala (biparietal), lingkar perut, panjang paha dan beberapa parameter lain yang dapat membantu pemantauan usia hamil dan berat janin.

Jadi jika pada saat USG dinyatakan denyut jantung janin normal dengan usia hamil sekitar 14-15 minggu, maka tidak ada yang perlu dikawatirkan. Namun sekilas meninjau TB dan BB Anda sendiri dengan kondisi kehamilan saat ini, kami berasumsi Anda terlampau kurus, tambahlah asupan nutrisi Anda, perhatikan kecukupan asupan makanan (kalori dan protein) agar perkembangan janin Anda berlangsung normal.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

dr. Indra N. C. Anwar, SpOG
(Redaksi Pengasuh Rubrik Kebidangan & Kandungan Klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar