Sukses

Kontrasepsi saat menyusui

24 Jul 2009, 16:57 WIB
Wanita, 26 tahun.
yth Bpk/Ibu dokter Saya baru saja melahirkan tgl 26 mei 2009 kemarin. Nifas saya berhenti 30 hari kemudian. Setelah 3 minggu nifas berhenti, saya ada bercak kecoklatan yang saya pikir itu adalah menstruasi.Tetapi hal tersebut hanya berlangsung 2 hari saja. Dan sampai sekarang saya belum menstruasi juga. Saya memberikan ASI ekslusif. Yang saya tanyakan: (1) Mulai kapan menstruasi saya akan berlangsung normal? (2) Alat kontrasepsi apa yang paling pas untuk ibu menyusui? Demikian, terimakasih atas jawabannya.( perempuan, 26 thn,150 cm,43 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saat menyusui, tubuh mengeluarkan hormon yang akan menekan siklus menstruasi. Tiap-tiap ibu menyusui berbeda, ada yang tidak mendapatkan menstruasi selama jangka waktu mingguan, bulanan, atau tahunan jika memang masih menyusui. Untuk beberapa orang baru bisa muncul menstuasi setelah tidak menyusui lagi. Ketika bayi sudah mulai mendapatkan makanan tambahan atau tidur untuk jangka waktu yang lebih lama pada malam hari, biasanya siklus menstruasi akan mulai kembali.

Munculnya kembali menstruasi dipengaruhi oleh beberapa faktor: seberapa sering bayi menyusui ASI, seberapa sering menyusui dari botol, bilamana bayi menggunakan alat “sedot bayi”, berapa lama bayi tidur di malam hari, apakah makanan biasa mulai dikonsumsi, dan pengaruh kimiawi ibu sendiri dan responnya terhadap pengaruh hormon yang berkaitan dengan menyusui. Kapanpun stimulasi pada payudara berkurang, terutama pada malam hari, siklus menstruasi cenderung akan mulai lagi.

Pilihan metode kontrasepsi yang sesuai untuk ibu hamil adalah kontrasepsi non-hormonal atau alat kontrasepsi dalam rahim yaitu IUD. Sedangkan untuk kontrasepsi hormonal, sesuai rekomendasi ACOG (American College of Obstetricians and Gynecologists), yang dapat digunakan, antara lain:

  • Kontrasepsi oral "progestin only " diresepkan atau diberikan mulai keluar dari rumah sakit sampai 2-3 minggu setelah melahirkan (contoh. Hari pertama lahir sampai usia 2  minggu)
  • Depot Medroxyprogesteron asetat dimulai dari 6 minggu setelah melahirkan
  • Hormonal implan digunakan 6 minggu setelah partus
  • Kombinasi estrogen progestin tidak boleh dimulai sebelum 6 minggu pospartum dan bila ibu sudah bisa menyapih anaknya dengan baik

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar