Sukses

Klitoris mengecil: Apa sebabnya?

17 Oct 2014, 22:21 WIB
Wanita, 40 tahun.
assalamu'alaikum wr. wb. dokter yang terhormat, saya mau tanya tentang kondisi alat kelamin saya. setelah saya menikah selama 5 tahun akhir akhir ini saya perhatikan bahwa kondisi klitoris saya menghilang/ menjadi kecil/ tidak lagi menyembul. padahal awal-awal saya menikah klitoris saya kelihatan menyembul keluar dan akan segera terasaa nikmat apabila tersentuh oleh kepala penis suami. mengapa demikian. bisakah klitoris saya dibikin menyembul lagi? atau memang karena faktor usia. terima kasih atas saran dan penjelasan dari dokter. wassalamaualaikum( perempuan, 40 thn,155 cm,47 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Apakah Ibu mengalami gangguan atau perubahan siklus menstruasi? Klitoris dapat mengecil pada keadaan menurunnya kadar hormon estrogen. Pada saat menjelang dan saat menopause, ovarium memproduksi hormon estrogen dan progesteron yang semakin sedikit. Keadaan lain yang dapat mempengaruhi produksi esterogen adalah kemoterapi, radiasi, konsumsi obat-obatan tertentu, sampai penyakit auto-imun.

Defisiensi estrogen dapat mengakibatkan penurunan sensasi genital. Tanda-tanda lain adalah penipisan rambut pubis dan pengecilan labia mayora dan labia minora karena jaringan lemak serta elastisitas kulit yang berkurang. Rendahnya hormon estrogen juga mengakibatkan kelamin sulit terangsang serta menurunkan intensitas dan jumlah kontraksi vagina dan rahim sewaktu orgasme.

Untuk megetahui secara pasti penyebab mengecilnya klitoris, sebaiknya Ibu berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter tersebut mungkin akan menganjurkan pemeriksaan kadar hormon seks. Dari pemeriksaan tersebut dapat diketahui apakah memang terdapat penurunan jumlah kadar estrogen.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar