Sukses

Menaikkan berat badan anak

20 Oct 2014, 01:13 WIB
Wanita, 24 tahun.
Siang Dok.Anak saya sekarang usia 12 bulan 23 hari .dengan berat badan terakhir ditimbang tgl 17/7/09 : 7.3 kg dan tinggi sekitar 68-70.dari usia 4 bulan minum susu formula sampai sekarang.untuk makan tambahan sekarang nasi tim ,variasi sayuran.ayam.ati .ikan tuna dll.jus buah dikasih sehari sekali.sampai usia sekarang jarang sakit cuma kadang-kadang panas dalam 3 hari-6 hari sembuh ( sudah cek darah hasil normal.yang ingin saya tanyakan gimana dengan keadaan anak saya termasuk kurus...apa tidak dan gimana caranya menaikan berat badan anak saya Dok...Terima kasih Sebelumnya.dan ditunggu jawabannya.( perempuan, 24 thn,155 cm,47 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Untuk konsultasi selanjunya, mohon mengisikan data pasien dengan data anak Anda agar kami mendapatkan data dasar lengkap berupa jenis kelamin, usia, berat dan tinggi badan anak yang akan dikonsultasikan. Pertanyaan dasar pertama adalah, apakah jenis kelamin anak Anda? perbedaan jenis kelamin akan membedakan berat badan dan tinggi badan ideal.

Tinggi badan dan berat badan anak Anda tergolong proporsional. Namun apabila dilihat dari kisaran umur, berat badan dan tinggi badan anak Anda tergolong sangat kurang (laki-laki) dan tergolong kurang bagi wanita.Yang perlu diperhatikan adalah asupan makanan yang diberikan dan aktivitas yang dilakukan.

Pertambahan berat badan dapat terjadi apabila masukan atau input lebih besar dari keluaran atau output. Apabila anak Anda sangat aktif beraktifitas namun makannya kurang atau tidak adekuat, tentu saja kalori dari makanan akan terbakar seluruhnya untuk aktifitas sehingga berat badan anak Anda tidak akan bertambah.

Apabila anak Anda lebih sering 'mengemil' jajanan tidak sehat (chiki, permen, dll) dibandingkan makan makanan utama, tentu saja berat badan tidak akan bertambah mengingat kurangnya gizi yang terkandung di dalam jajanan tersebut. Apabila anak Anda terus menerus bermain tanpa istirahat atau tidur siang, akan sulit menaikkan berat badan karena metabolisme tubuh akan bekerja sempurna ketika anak sedang tidur.

Disarankan untuk lebih aktif memvariasikan makanan utama agar lebih disukai anak, baik dalam rasa, bentuk (bentuk makanan lucu), maupun jenis makanan. Anda dapat mengakses Rubrik Tumbuh Kembang Anak melalui URL link di bawah ini :

http://anak.klikdokter.com/

Demikian informasi kami samapaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

 

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar