Sukses

Gigi geraham rusak dan sakit

23 Jul 2009, 14:36 WIB
Wanita, 33 tahun.
Pagi dok mau tanya nih. Gigi geraham depan bagian bawah kanan dan kiri saya sudah tidak ada lagi, tetapi gigi bagian atas kanan lubangnya besar tetapi masih bisa saya gunakan untuk mengunyah. Yang jadi masalah gigi bagian atas sebelah kiri sepertinya berlubang juga tetapi masih kecil dan sering ngilu.Terkadang saya merasa gigi geraham bawah yang ditambal juga ngilu dok. Saya jadi bingung apakah tambalannya sudah rusak atau atas dan bawah jika sakit semua pasti terasa sakit juga sudah 3 hari ini gigi atas sakit belum sembuh padahal tiap sakit saya minum obat. Pernah saat sikat gigi ga sengaja gigi atas terantuk sikat gigi sakit minta ampun. Apakah gigi saya harus di cabut bagian atas atau bawahnya dok saya juga menggunakan obat kumur tuk mengurangi rasa sakit setelah sikat gigi.( perempuan, 33 thn,160 cm,64 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Sdri yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Pertama-tama perlu Saya tekankan bahwa minum obat apapun tidak menyelesaikan masalah Anda secara tuntas, selama kondisi gigi tidak diperbaiki.Penggunaan obat kumur juga tidak membuat proses karies terhenti secara total dan infeksi bakteri bisa sembuh dengan sendirinya. Mungkin dapat meredakan untuk sementara, namun dapat terus kambuh lagi.

Ada kemungkinan bahwa tambalan pada gigi Anda memang sudah perlu diperbaiki, mungkin ada kebocoran yang membuat bakteri dapat kembali masuk dan menginfeksi gigi, sehingga terjadi karies sekunder yaitu karies di bawah tambalan. Bila infeksi berlanjut dan menjalar ke ujung akar, jaringan pendukung gigi juga dapat terinfeksi. Salah satu tandanya adalah seperti yang Anda keluhkan, yaitu nyeri gigi yang cukup hebat saat gigi diketuk, terantuk atau terkena gigi lawan.
Solusinya sederhana, dan pencabutan adalah pilihan terakhir jika gigi Anda sudah tidak bisa betul-betul dipertahankan lagi. Yang perlu Anda lakukan adalah segera berkonsultasi langsung ke dokter gigi supaya kondisi gigi dapat diperiksa secara seksama. Semua yang dapat Saya utarakan disini hanya berdasarkan keterangan Anda dan asumsi yang dapat Saya perkirakan, namun untuk memastikannya tetap harus memerlukan pemeriksaan langsung. Gigi yang berlubang besar itu harus dipastikan apakah karies sudah dalam mencapai ruang pulpa yang berisi syaraf. Kalau sudah, berarti gigi itu tidak dapat ditambal biasa tapi harus dirawat saluran akar terlebih dulu baru setelah itu dibuatkan restorasinya. Gigi yang ditambal tersebut, jika memang ternyata bocor atau rusak maka harus dibetulkan, dibongkar dan ditambal ulang.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Salam,

Drg. Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar