Sukses

Kesemutan daerah kemaluan

18 Oct 2014, 21:33 WIB
Wanita, 28 tahun.
Dear Dokter, saya pria 28th. sudah hampir 1 tahun ini saya sering mengalami kesemutan di daerah sekitar kemaluan saya, baik Mr.P ataupun buah zakar. Hal ini sering saya alami kalau lama duduk atau berkendara sepeda motor. Apakah ini merupakan gejala penyakit tertentu..? apakah ini bisa menyebabkan Ejakulasi dini dan gangguan ereksi..?mohon saran dan pemecahan masalah ini. terima kasih( perempuan, 28 thn,175 cm,70 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Rasa kesemutan pada penis dan skrotum (buah zakar) dapat disebabkan oleh tertekannya saraf yang mengirim sensasi ke kedua organ tersebut. Kemungkinan penyebabnya, antara lain hernia, kekakuan otot, atau pembesaran kelenjar limfe. Selain itu bisa saja terjadi iritasi ringan pada saraf tersebut. Pada Bapak, kemungkinan besar penyebabnya adalah tertekannya saraf akibat duduk terlalu lama, termasuk ketika mengendarai sepeda motor.

Karena itu cara mengatasinya adalah menghindari duduk terlalu lama serta memakai celana yang ketat. Jika hal-hal tersebut tidak membantu, perlu dicari penyebabnya. Dalam situasi tersebut, sebaiknya Bapak berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis urologi.

Hal ini kemungkinan tidak berhubungan dengan ejakulasi dini. Ejakulasi dini memiliki definisi ejakulasi yang berulang, sering, atau menetap dengan stimulasi yang minimal, sebelum, saat, atau sesaat setelah penetrasi, dan sebelum saat yang diinginkan, oleh karena tidak mampu mengendalikannya yang kemudian menyebabkan ketidakpuasan pada pasangan, rasa terganggu, dan rasa tertekan.

Penyebab dari ejakulasi dini ini harus dicari terlebih dahulu, apakah psikologik (perasaan bersalah, stress, kecemasan, disfungsi ereksi), organik (gangguan organ), atau iatrogenik (karena tindakan medis). Penyebab ejakulasi dini sendiri paling banyak disebabkan oleh psikologis. Artinya walaupun sebetulnya tidak ada hubungannya antara kesemutan dengan kemampuan ereksi, jika Bapak diliputi rasa khawatir, bisa saja muncul keluhan ejakulasi dini. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)
 

Terima kasih.

 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar