Sukses

Asma dalam kehamilan (2)

22 Jul 2009, 15:56 WIB
Wanita, 29 tahun.
dok obat asma yang paling aman untuk istri saya yang mengandung 1 bulan apa?berwujud tablet/semprot trus istri saya kambuh hampir tiap hari kambuh apalagi kalau malam bisa tigakali lebih padahal sudah pakai obat semprot( perempuan, 29 thn,163 cm,56 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Selama kehamilan trimester pertama, sebaiknya memang tidak menggunakan obat-obatan oral dikarenakan trimester ini adalah masa pembentukan organ si kecil sehingga sangat rentan akan terjadinya kelainan kongenital atau kecacatan pada janin.

Penelitian membuktikan bahwa obat-obatan asma dalam bentuk inhalasi (inhaler) aman diberikan selama masa kehamilan dan tidak berefek teratogenik (menyebabkan kecacatan pada janin). Hal ini disebabkan karena kadar obat di dalam satu ?puff? inhalasi tersebut tidak besar dan langsung bekerja ke paru sehingga tidak berbahaya bagi janin.

Berdasarkan data yang Anda berikan, istri Anda saat ini memiliki asma persisten sedang-berat. Kami sarankan untuk berkonsultasi secara langsung ke dokter spesialis paru untuk penanganan lebih lanjut. Asma sebaiknya terkontrol di dalam kehamilan. Asma berat yang tidak terkontrol dapat menyebabkan gangguan pada ibu maupun janin.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar