Sukses

Siklus menstruasi normal

22 Jul 2009, 15:47 WIB
Wanita, 29 tahun.
Dokter, saya mau bertanya mengenai siklus mens yang normal itu berapa hari? Saya merasa siklus mens saya agak aneh. Jika diurut dari 5 bulan ke belakang : - mens tgl. 28 Maret'09, April tidak mens, mens tgl. 1 Mei'09, mens tgl. 2 Juni'09, mens tgl. 29 Juni'09, mens tgl. 22 Juli'09. Apakah ada yang salah dari horman saya atau bagaimana? Karena biasanya tidak pernah mens sebulan sampai 2x seperti di 2 bulan terakhir yang saya sebutkan diatas. Dan pada 2 bulan terakhir ini darah yang keluar tidak banyak, berwarna pekat, keluar lebih lama dari biasanya (biasanya 5-6 hari sudah bersih, tapi 2 bulan kemarin sampai seminggu lebih). Apakah itu normal atau tidak? Terima kasih banyak Dok.( perempuan, 29 thn,163 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 21-35 hari, @ 2-7 hari, dan darah menstruasi keluar sebanyak 20-60 ml (2-4 pembalut) setiap harinya. Berdasarkan data yang Anda berikan, siklus Anda selama 5 bulan terakhir adalah 34 hari, 32 hari, 27 hari, dan 23 hari. Siklus Anda tersebut berdasarkan definisi yang disebutkan di atas masih tergolong normal.

Jumlah darah menstruasi yang keluar pun tidak harus selalu dalam jumlah banyak, tergantung dari peluruhan ketebalan dinding rahim Anda. Selama masih berkisar 20-60 ml maka masih normal. Siklus memanjang apabila melebihi 7 hari. Perubahan siklus menstruasi dapat terjadi dikarenakan hormonal dan pemicu, seperti kelelahan dan stres pada seorang wanita. Siklus menstruasi Anda secara keseluruhan saat ini masih tergolong normal.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar