Sukses

Apakah anak saya kekurangan gizi?

22 Jul 2009, 13:59 WIB
Wanita, 28 tahun.
Siang dok, saya mau tanya lagi nih dok, bagaimana kita mengetahui anak kekurangan gizi atau gizi buruk? anak saya 11 bulan 18 hari dan berat badannya masih 7.5 kg, anak saya sangat kurus sekali saya lihat tapi dia memang aktif dan tidak mau diam apakah anak saya termasuk kekurangan gizi? dan apa yang harus saya lakukan?( perempuan, 28 thn,150 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Apabila berkonsultasi mengenai anak Anda, silakan melengkapi data pasien yang tercantum dengan data anak Anda termasuk di dalamnya adalah jenis kelamin, usia, berat dan tinggi badan anak Anda sehingga dapat dianalisa dengan lebih baik.

Sudahkah Anda mengakses Rubrik Tumbuh Kembang Anak yang  kami miliki? Di dalam rubrik tersebut akan Anda dapatkan berbagai informasi mengenai tumbuh kembang anak termasuk di dalamnya adalah berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala ideal anak berdasarkan usia menurut standar WHO.

Pertanyaan dasarnya saat ini adalah apakah jenis kelamin anak Anda? perbedaan jenis kelamin akan membedakan berat badan ideal menurut kurva WHO. Berat badan 7,5 kg memang tergolong sangat kurang untuk anak laki-laki berusia 11,5 bulan dan tergolong kurang untuk anak perempuan berusia 11,5 bulan.

Pertambahan berat badan dapat terjadi apabila masukan atau input lebih besar dari keluaran atau output. Apabila anak Anda sangat aktif beraktifitas namun makannya kurang atau tidak adekuat, tentu saja kalori dari makanan akan terbakar seluruhnya untuk aktifitas sehingga berat badan anak Anda tidak akan bertambah. Apabila anak Anda lebih sering 'mengemil' jajanan tidak sehat (chiki, permen, dll) dibandingkan makan makanan utama, tentu saja berat badan tidak akan bertambah mengingat kurangnya gizi yang terkandung di dalam jajanan tersebut. Apabila anak Anda terus menerus bermain tanpa istirahat atau tidur siang, akan sulit menaikkan berat badan karena metabolisme tubuh akan bekerja sempurna ketika anak sedang tidur.

Disarankan untuk lebih aktif memvariasikan makanan utama agar lebih disukai anak, baik dalam rasa, bentuk (bentuk makanan lucu), maupun jenis makanan. Namun Anda tidak perlu khawatir, aktif menandakan anak Anda saat ini cukup sehat. Anda dapat mengakses Rubrik di atas melalui URL link di bawah ini :

http://anak.klikdokter.com/

Demikian informasi kami samapaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar