Sukses

Kateterisasi, ring pembuluh darah

22 Jul 2009, 12:09 WIB
Wanita, 54 tahun.
Dear Dokter, Saya terkena DM type 2, baru2 ini saya melakukan Medical Check up dan salah satunya dengan Treedmil. Dokter Rmh sakit menaruh curiga dengan kondisi jantung saya, dan diberi obat CPG 75mg dan Concor 2.5mg disamping Metrix 4mg serta Lovaco-lovastatin 20mg untuk gulanya. Saya melakukan CT Scan Jantung, dan hasilnya sbb: LM : Normal , LAD : There is calcified plaque at proximal part causing severe stenosis and mixed plaque at mid part causing total occlusion; LCX : There is calcified plaque at proximal part not causing significat stenosis ; RCA : Small vessel, there is soft plaque at mid part causing moderate stenosis anf PLA causing severe stenosis. Tindakan apakah yang mesti saya lakukan, benarkah sarang dokter ahli jantung Harus dilakukan Cateterisasi dan pemasangan balonisasi dan ring di pembuluh saya. Tidak adakah cara lain untuk penyembuhan dan penghilang pengapuran?? Atas bantuan informasinya diucapkan banyak terimakasih. Salam, Alwan( perempuan, 54 thn,165 cm,60 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Berdasarkan data yang Anda berikan, kemungkinan saat ini Anda mengalami aterosklerosis yaitu kondisi dimana terdapat penebalan dari dinding pembuluh darah akibat menumpuknya berbagai materi lemak seperti kolesterol, sel darah, dan peradangan kronik pada pembuluh darah. Aterosklerosis merupakan proses kronik akibat dari berbagai penyakit kronik seperti hipertensi, diabetes melitus, dan kolesterol tinggi yang tidak terkendali.

Aterosklesrosis dapat berujung menjadi penyakit jantung koroner. Sumbatan yang terjadi pada pembuluh darah, dalam kasus Anda adalah LAD (severe stenosis, total occlusion), LCX (calcified plaque), dan RCA (moderate and severe stenosis), dapat mengakibatkan gangguan pada jantung. Pembuluh darah tersebut membawa suplai oksigen dan nutrisi bagi jantung, bayangkan saja apa jadinya bagian jantung yang tiba-tiba terhenti pasokan oksigen dan makanannya, tentunya jantung tersebut akan perlahan-lahan mati. Manifestasi kekurangan oksigen dan nutrisi pada jantung umumnya adalah nyeri dada dan sesak napas.

Saat ini mungkin Anda belum merasakan gejala penyakit jantung koroner secara signifikan karena adanya pembuluh darah kolateral yang terdapat di sekitar pembuluh darah utama yang mendarahi bagin jantung tersebut. Penyumbatan yang sudah terjadi tidak dapat dihilangkan, yang dapat dilakukan adalah mencegah peningkatan atau pembesaran sumbatan tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan obat-obatan pada sumbatan yang masih kecil.

Namun dengan total oklusi atau dengan penyumbatan yang Anda miliki, terapi yang disarankan untuk dilakukan adalah kateterisasi dan pemasangan stent (ring). Obat-obatan sendiri akan berguna untuk menjaga agar tidak terjadi penyumbatan kembali setelah dilakukan pemasangan stent (ring).

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung secara langsung agar dapat dievaluasi lebih lanjut dan ditatalaksana secara menyeluruh.

Anda dapat membaca beberapa artikel kami di Rubrik Jantung dan Kolesterol serta beberapa artikel kami mengenai Penyakit Jantung Koroner dan Stent Arteri Koroner  melalui artikel kami di bawah ini :

http://jantung.klikdokter.com/

http://jantung.klikdokter.com/subpage.php?id=2&sub=72

https://www.klikdokter.com/article/detail/64

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar