Sukses

Diabetes dan kehamilan?

22 Jul 2009, 11:00 WIB
Wanita, 25 tahun.
Salam Kenal, Saya seorang ibu rumah tangga, sudah 2 tahun menikah hanya belum mempunyai anak. Pernah hamil 2 bulan tetapi keguguran, hanya memang ada rencana menunda kehamilan karena masih menyelesaikan studi. Sekarang saya sudah selesai studi dan ingin segera mempunyai anak, tetapi yang saya sangsikan adalah ternyata selama ini saya menderita penyakit diabetes. Sejarahnya kira-kira 1 tahun sebelum menikah punya gejala sering terasa mudah haus, suka yang manis-manis, lelah, susah menahan ngantuk dan sering buang air kecil. tapi saya tidak mengetahui atau memeriksakan ke dokter. Diabetes ini baru diketahui 1 minggu setelah saya menikah karena suami curiga dan ternyata kadar gula darah saya waktu itu HI. Sejak saat itu saya mulai mengatur gaya hidup (mengurangi porsi makan, jarang makan manis) dan sekarang buang air kecil hanya 1 kali kalau malam dan jauh lebih merasa sehat dibanding pada waktu itu (keluhan tinggal kalau luka susah kering dan tumit dan ujung jari pecah-pecah). Hanya ketika 2 bulan yang lalu saya periksa gula darah saya masih tinggi yaitu 453 (sebagai catatan saya jarang sekali/tidak pernah mengkonsumsi obat). Pertanyaan saya : 1. Apa kira-kira penyebab diabetes ini? 2. Bisa sembuhkan saya? dan bagaimana caranya? 3. Untuk program kehamilan apakah kira-kira beresiko tinggi? bagaimana mengatasinya? Terima kasih banyak...( perempuan, 25 thn,149 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan yang Anda berikan :

1. Apa kira-kira penyebab diabetes ini?

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan karena faktor genetik (keturunan) dan pola hidup tidak sehat.

2. Bisa sembuhkan saya? dan bagaimana caranya?

Diabetes saat ini bukan merupakan penyakit yang dapat disembuhkan namun merupakan penyakit yang dapat dikontrol. Hal tersebut dikarenakan diabetes merupakan gangguan genetik yang terdapat di dalam tubuh. Diabetes dikontrol dengan diet diabetes, olahraga, dan obat

3. Untuk program kehamilan apakah kira-kira beresiko tinggi? bagaimana mengatasinya?

Program kehamilan dengan diabetes tidak berisiko tinggi namun memang seorang ibu hamil yang memiliki diabetes harus berhati-hati karena kemungkinan janinnya akan memiliki ukuran yang besar (4-5 kg) apabila diabetesnya tidak dikendalikan. Janin dengan berat badan berlebih dapat menimbulkan komplikasi dan kemungkinan besar harus dilahirkan dengan cara operasi caesar. Karena itulah pentingnya saat ini Anda dapat mengendalikan gula darah Anda di bawah pengawasan dokter.

Jarang sekali pada usia semuda Anda mengalami diabetes. Hal ini perlu diperhatikan karena diabetes adalah penyakit kronik (berlangsung dalam jangka waktu panjang) dan berkomplikasi ke berbagai organ (mata, jantung, ginjal) apabila tidak dikendalikan. Komplikasi ini pun bukan terjadi sekarang namun puluhan tahun ke depan.

Seperti yang kami katakan di atas bahwa diabetes pertama kali dikendalikan dengan diet dan olahraga. Apabila gula darah tidak terkendali dengan diet dan olahraga maka seharusnya menggunakan obat atau insulin.

Kondisi gula darah Anda yang saat ini masih mencapai angka 400 bukan merupakan pertanda pengendalian gula darah yang baik. Mungkin saat ini Anda sudah harus menggunakan obat karena dengan diet saja gula darah Anda tidak terkendali. Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai diabetes, cara mengatasi, serta komplikasinya melalui rubrik kami di bawah ini :

http://diabetes.klikdokter.com/

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mengendalikan diabetes yang Anda miliki.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar