Sukses

Anak suka menyemburkan makanan

22 Jul 2009, 11:16 WIB
Wanita, 1 tahun.
Pagi dok,saya mempunyai anak perempuan usia 6bln dg berat 7kg,tinggi 53cm. Yg saya tanyakn anak sy sdh mulai mengkonsumsi makanan lain sprti bubur dan biskuit dsamping susu formula,dia tdk netek sy. Pertanyaannya kenapa pas makan dia menyemburkn makanannya,selain itu stlh makan selang 1/2 jam atau 1jam dia diberi susu krn dia nangis,dan tidak lama dia muntah,trima ksh( perempuan, 1 thn,53 cm,7 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Anak pada usia 6 bulan tentunya mulai belajar bersosialisasi dengan berbagai cara. Rasa ingin tahunya sangat tinggi dan dia akan mulai belajar untuk mengenali berbagai macam benda, mengenali rasa, belajar berkomunikasi, dan meningkatkan aspek motorik dan sensoriknya.

Menyemburkan makanan sering dilakukan pada anak-anak dikarenakan keinginannya untuk bermain dengan makanan. Dia akan mencoba berbagai macam hal dan dapat dikatakan bahwa menyemburkan makanan merupakan permainan menyenangkan yang dapat dimainkan. Selain itu dia juga akan beradaptasi dengan berbagai rasa makanan yang diperkenalkan. Hal tersebut wajar terjadi.

Sebaiknya Anda memberikan jarak antara pemberian makanan dan pemberian susu, kurang lebih 2-3 jam. Karena tentunya perut anak Anda saat itu masih kenyang. Ditambah dengan susu tentu saja kapasitas perutnya tidak cukup dan akibatnya anak Anda akan muntah. Perlu Anda analisa mengapa anak Anda menangis, apakah memang karena lapar atau ada hal lain, seperti ngantuk, ingin digendong, dll. Jangan setiap kali anak menangis Anda berikan susu.

Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai anak dan perkembangannya melalui Rubrik Tumbuh Kembang Anak di bawah ini :

http://anak.klikdokter.com/

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar