Sukses

Gigi taring terhalang tidak tumbuh

20 Oct 2014, 02:43 WIB
Wanita, 26 tahun.
sore Dok. saya mau tanya ttg gigi saya. saya punya problem ttg gigi taring bagian atas dan gigi geraham kecil tidak bisa keluar sampe skr.tindakan apa yang sebaiknya saya lakukan. 1. jika dilakukan pembedahan, apakah kedua gigi yg masih terbenam tsb diambil? 2. jika dilakukan pembedahan, apakah salah satu gigi masih bisa ditarik turun karena posisi gigi geraham kecil diatas gigi taring (gigi geraham kecil jauh terbenam) mohon jwbnnya n tks ( perempuan, 26 thn,159 cm,42 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Sdri yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Gigi yang terbenam/terhalang sehingga tidak dapat keluar menembus gusi dan tulang disebut gigi impaksi. Gigi impaksi dapat dikeluarkan dengan pembedahan, yang disebut odontektomi. Kebanyakan kasus impaksi adalah gigi molar tiga yang dalam bahasa awam sering disebut gigi geraham bungsu, dan sering juga gigi taring/kaninus seperti pada kasus Anda.

Dari laporan kasus yang telah dipublikasikan di jurnal ilmiah, gigi impaksi dapat "ditarik" keluar , namun membutuhkan alat orthodontik cekat (bracket/behel), dan tergantung juga pada ruangan yang tersedia dan posisi gigi-gigi yang lain. Pada kasus Anda, ada dua gigi yang impaksi, jadi kalaupun gigi yang impaksi itu ingin dipertahankan (tidak dibuang) dengan cara ditarik dengan alat orthodontik cekat maka rasanya harus dipilih salah satu. Menurut Saya ada baiknya Anda berkonsultasi langsung ke dokter gigi spesialis orthodontik yang cukup baik kapabilitasnya, sebab kasus seperti itu cukup rumit.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi Klikdokter.com

Drg. Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar