Sukses

Gejala kanker serviks

19 Oct 2014, 06:51 WIB
Wanita, 24 tahun.
dokter yang terhormat, saya mau minta informasinya bagaiman cara kita untuk mengetahui apakah didalam tubuh kita terdapat parasit atau tidak? parasit yg merugikan maksudnya. dan bagaiman gejala dari kanker serviks itu?? saya menjadi paranoid. terima kasih dokter( perempuan, 24 thn,152 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Parasit merupakan organisme yang memanfaatkan organisme lain untuk mendapatkan makanan serta 'tempat tinggal'. Parasit tersebut mendapatkan semua keuntungan sedangkan organisme yang ditempati bisa mendapatkan konsekuensi dari adanya parasit tersebut, yaitu penyakit parasit. Parasit yang tinggal di dalam tubuh disebut endoparasit, sedangkan yang tinggal di permukaan tubuh disebut ektoparasit.

 

Cara untuk mengetahui apakah di dalam tubuh ada parasit atau tidak tentunya dengan melihat gejala-gejala yang ada. Misalnya gejala diare, gejala radang paru-paru, penurunan berat badan (cacingan), atau gejala malaria yang disebabkan oleh adanya parasit tersebut. Bahkan, gatal-gatal pada kulit kepala dapat disebabkan oleh parasit yang kita kenal sebagai kutu.

 

Gejala paling umum dari kanker leher rahim (serviks) adalah perdarahan abnormal dari vagina atau flek (bercak) vagina. Perdarahan abnormal ini terutama terjadi setelah berhubungan seksual,  namun dapat muncul juga perdarahan diantara 2 siklus menstruasi, menoragia, atau bercak / perdarahan postmenopause. Bila perdarahan berlangsung dalam jangka waktu lama maka pasien dapat mengeluh lelah dan lemas karena anemia yang dialaminya. 

 

Bercak kekuningan yang encer diikuti dengan bau amis dapat merupakan tanda-tanda keganasan. Gejala biasanya baru muncul ketika sel yang abnormal berubah menjadi keganasan dan menyusup ke jaringan sekitarnya.

 

Untuk membaca lebih lanjut mengenai kanker leher rahim, Ibu dapat membaca artikel kami mengenai hal ini yang dapat ditemukan pada URL berikut: https://www.klikdokter.com/illness/detail/122.

 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

 

Terima kasih.

 

 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar