Sukses

Mimpi dengan mantan kekasih

19 Oct 2014, 16:50 WIB
Wanita, 20 tahun.
selama saya putus dengan pacar saya 2 tahun yang lalu tepatnya saya SMU tahun 2007, saya biasanya memimpikan mantan pacar saya dalam mimpi (ketika tidur). hal tersebut terjadi biasanya 1sampai 3 bulan sekali (pokoknya tidak pasti). yang saya tanyakan : ada apa dengan diri saya dan dia (mantan pacar saya) ?apa yang menyebabkan hal tersebut ? apa yang dapat diakibatkan dari hal tersebut ?( perempuan, 20 thn,165 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Hingga kini dalam dunia medis masih belum ada yang dapat menjelaskan secara pasti hubungan mimpi dengan kehidupan sehari-hari manusia. Namun asumsi sementara oleh sebagian ahli adalah mimpi merupakan cerminan aktivitas pola pikir dan kegiatan sehari-sehari.

Semua peristiwa didalam hidup terekam dalam otak. Ketika rekaman tersebut terputar kembali di alam mimpi, sangat tergantung dari faktor intesitasnya, bagaimana kuatnya, bagaimana  jumlahnya rekaman-rekaman kejadian di otak kita menentukan apakah kita cukup  terpengaruh oleh pengalaman-pengalaman kita itu.

Dalam kasus Anda, rentang 2 tahun jeda pasca "hidup" dengan pacarmu itu kemungkinan untuk terjadi mimpi akan selalu ada. Yang perlu ditanyakan seberapa kualitas kedalaman mimpi yang terjadi.

Jadi sebetulnya apa yang  Anda rasakan itu tidaklah luar biasa, karena sebetulnya Anda masih menyimpan semua peristiwa yang sudah pernah terjadi.  Seiring dengan perjalnan waktu, secara alamiah gejala mimpi mantan kekasih Anda dapat makin terpupuskan.

Kalau pun jika hingga saat ini masih juga memikirkan mantan kekasih Anda, termasuk kenangan atau pun kejadian indah yang pernah dilakukan, maka gejala mimpi tersebut berpotensi masih akan ada.

Jawaban sebenarnya dari pertanyaan Anda sebenarnya Anda sendiri yang paling mengetahui, seberapa Anda sering memikirkan mantan Anda, seberapa sering Anda mengulang kenangan-kenangan yang pernah Anda alami bersamanya, maka potensi terulangnya mimpi tersebut akan semakin terjadi.

Jika Anda hendak mengurangi frekuensi mimpi tersebut, Anda perlu menghilangkannya atau dalam kata lain, dengan  menggantikan tokoh mantan kekasih Anda dengan karakterlain, atau diisi dengan  peristiwa-peristiwa baru yang lebih menarik dan lebih besar dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Namun demikian, sebagian ahli berpendapat, terdapat hubungan mimpi dengan proses metafisika. Jika memang mimpi tersebut muncul tiba-tiba, bisa jadi hal tersebut merupakan "pertanda" kecil. Walau sekali lagi kami tegaskan belum ada penjelasan medis yang menghubungkan dengan intuisi dan alam mimpi.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

Dr. Sukardi, SpKJ(K)
(Redaksi Pengasuh Rubrik Seks & Andrologi Klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar