Sukses

Pengobatan rematik dengan batu?

19 Oct 2014, 18:20 WIB
Pria, 29 tahun.
apakah batu giok dan sejenisnya yg digunakan sebagian masyarakat sebagai obat rematik dengan cara dijadikan kalung, cincin, atau wadah untuk makan minum dapat dipertanggungjawabkan secara medis keampuhannya.makasih..( laki-laki, 29 thn,168 cm,61 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Penyakit rematik adalah penyakit yang terdapat pada persendian tulang dan terdiri dari berbagai macam jenis, karena itu gejala dan penyebabnya juga bermacam-macam. Terdapat empat jenis rematik yang paling sering dijumpai di masyarakat kita yaitu osteoarthritis yang disebabkan oleh pengapuran, rematik luar sendi yang menyerang jaringan di luar tulang rawan, rematik peradangan, dan rematik yang disebabkan oleh pengeroposan.

Rematik dapat disebabkan oleh konsumsi berlebihan makanan seperti jeroan, seafood, dan minuman beralkohol yang dapat memicu purin atau bahan yang akan diubah menjadi asam urat. Merokok juga menjadi salah satu faktor pemicu.

Pengobatannya tentunya tergantung jenis rematiknya, seperti obat yang menurunkan kadar asam urat dan obat anti radang. Karena itu penggunaan batu untuk pengobatan yang digunakan dalam bentuk cincin atau kalung tentunya tidak ada manfaatnya secara medis.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar