Sukses

Hasil pemeriksaan keputihan

20 Oct 2014, 07:42 WIB
Wanita, 26 tahun.
Dokter saya sudah 1 minggu ini menderita keputihan dan rasanya gatal di sekitar kemaluan saya. saya kemarin sudah ke dokter tetapi disarankan dokter untuk tes lab dulu urine dan sample keputihan saya. dikarenakan dokter itu baru prakter hari selasa besok dan belum tentu saya bisa ke rs tersebut apakah dokter bisa menjelaskan saya dan bagaimana mengatasi keputihan ini sebagai referensi hasil lab saya sbb : Hasil tes mikrobiologi - Candida Albican Positif - Leukosit 20 - 30 - Erytrosit negatif - sel ragi positif - Batang gram negatif - postif Dari hasil tes urine : - Ph 8,5 - Protein trace - lekosit esterase positif - lekosit 7 - 8 Dok mohon saya bantu kira2 penangangannya pakai apa? Regards, Ryan(perempuan, 26 thn,157 cm,58 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Keputihan atau dalam bahasa medis disebut fluor albus, adalah cairan (bukan darah) yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara fisiologis/normal dan secara patologis. Yang dimaksud dengan keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Dari hasil pemeriksaan cairan keputihan Anda, dapat disimpulkan bahwa keputihan yang Anda alami adalah timbul akibat infeksi jamur Candida albicans, yang dalam bahasa medis biasa disebut sebagai kandidosis vulvovaginalis. Infeksi ini dapat diatasi dengan pengobatan antijamur topikal atau sistemik golongan azol seperti itrakonazol dengan dosis 2x200 mg 3 kali setiap 12 jam. Keputihan akan menghilang secara perlahan tanpa Anda sadari. Selain itu, perlu juga diperhatikan untuk senantiasa menjaga kekeringan dan kebersihan daerah kemaluan Anda agar infeksi tidak timbul kembali.

Yang kemudian menjadi perhatian kami adalah hasil pemeriksaan urin Anda. Dari hasil pemeriksaan tersebut ditemukan adanya suatu enzim peradangan (leukosit esterase) dan protein samar dalam urin Anda. Meskipun terdapat beberapa keadaan yang dapat menyebabkan hasil positif palsu (seperti vitamin C, olahraga berat), perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk menyingkirkan kemungkinan adanya gangguan ginjal atau infeksi bakteri pada saluran kemih Anda. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda untuk tatalaksana yang lebih optimal. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga dapat membantu. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar