Sukses

Scoliosis & Melahirkan Normal

19 Oct 2014, 00:18 WIB
Wanita, 26 tahun.
selamat pagi dok, saya sekarang sedang hamil 7 bln. setelah mendapatkan jawaban dari dokter kemarin tentang x-ray kemarin. saya akhirnya melakukan foto rontgen. hasil nya adalah sebagai berikut: 1. scoliosos thoracalis vert. TH 4 - TH 11 dengan konveksitas ke kanan, sudut cobb 67 derajat 2. scoliosis thoracolumbal (kompensata) vert. TH 11 - L1, konveksitas ke kiri, sudut cobb 50 derajat 3. rotasi pedikel : moe + 1 4. hemivertebratae (-) / spinabifida (-) yang ingin saya tanyakan : 1 ) seberapa besar pengaruhnya scoliosis saya terhadap persalinan yang akan saya hadapi beberapa bulan lagi 2) apakah saya tetap bisa melahirkan secara normal / tidak 3) apabila saya melahirkan secara normal apakah bisa memperparah derajat kemiringan scoliosis saya 4) apabila saya harus operasi caesar, apakah tidak berbahaya terhadap saya, karena setahu saya, apabila melakukan operasi harus menggunakan obat bius yang disuntikkan melalui tulang belakang. padahal tulang belakang saya bermasalah. apakah kelainan saya ini dapat mempengaruhi operasi caesar yang akan saya lakukan. trima kasih sebelumnya dok....... ( perempuan, 26 thn,150 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Scoliosis adalah kelainan pada tulang belakang (vertebra). Perlu ditelusuri lebih lanjut mengenai riwayat gangguan ini, apakah hal ini diderita dari lahir?

Kelainan pada vertebra, sering diikuti juga dengan kelainan bentuk tulang panggul  (panggul patologik), sehingga menyulitkan untuk persalinan normal. Namun meninjau scoliosis-nya pada vertebra bagian atas(Thoraks), terdapat kemungkinan Anda bisa melahirkan dengan cara normal, namun dengan  pengawasan ketat dalam hal kemajuan persalinan, sehingga kalau ada kelambatan atau gangguan posisi kepala janin, bisa dideteksi sedini mungkin dan harus dilakukan operasi.

Persalinan normal tidak akan memperberat scoliosis-nya. Mengenai operasi sesar, mengingat  scoliosis diatas tulang lumbal 1, tampaknya tidak akan kesulitan untuk prosedur pembiusan. Semoga berhasil!

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

dr. Indra N. C. Anwar, SpOG
(Redaksi Pengasuh Rubrik Kebidangan & Kandungan Klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar