Sukses

Oligoasthenozoospermia

20 Oct 2014, 10:09 WIB
Pria, 23 tahun.
Pagi Dok, saya telah menikah setahun yang lalu tapi hingga sekarang belum ada tanda-tanda kehamilan pada isrti saya.Kami berdua telah cek ke dokter dan pada istri saya dinyatakan sehat tidak ada apa-apa sedangkan pada hasil test lab saya menunjukkan hasil pemeriksaan analisa sperma OLIGOASTHENOZOOSPERMIA. Yang saya tanyakan apakah maksud dari hasil tersebut karena sewaktu dokter menjelaskan saya kurang paham dan saya harus melakukan apa ?. Atas jawaban dan penjelasan dari dokter saya ucapkan terima kasih.( laki-laki, 23 thn,170 cm,72 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berdasarkan pemeriksaan analisis sperma didapatkan hasil oligoastenoteratozoopermia, yaitu suatu keadaan dimana jumlah sperma kurang dari normal (<20 juta/ml), pergerakannya (gerak lurus cepat atau gerak lurus lambat) kurang dari 40%, sedangkan bentuk sperma yang tidak normal juga di atas 40%. Adanya gangguan pergerakan ini mempengaruhi kemampuan sperma dalam membuahi sel telur.

Penyebab keadaan ini bermacam-macam, antara lain gangguan pembuluh darah, infeksi, imunologi, testis terlampau panas, dll. Karena itu perlu dieksplorasi lebih lanjut kemungkinan penyebab hal ini. Untuk penatalaksanaan selanjutnya, sebaiknya Bapak berkonsultasi dengan dokter spesialis Andrologi. Pencarian dokter dapat Bapak lakukan melalui fitur Pencarian Dokter yang terdapat di halaman depan laman kami. Sementara itu, hindarilah kebiasaan yang menyebabkan testis berada dalam suhu yang terlalu panas, seperti berendam di air hangat, memakai celana yang terlalu ketat, dll.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar