Sukses

Pemutihan gigi tanpa rawat syaraf

19 Oct 2014, 03:48 WIB
Pria, 18 tahun.
untuk pemutihan gigi berlubang yang telah mengalami perubahan warna,apakah harus selalu melakukan perawatan syaraf?apa akibatnya jika melakukan pemutihan langsung?( laki-laki, 18 thn,170 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Sdr. yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Menjawab pertanyaan Anda, iya memang betul, gigi berlubang yang sudah berubah warna harus dirawat saraf terlebih dulu baru diputihkan. Alasannya, gigi yang sudah berubah warna merupakan tanda bahwa gigi tersebut sudah non-vital/mati, persyarafannya sudah mati. Penyebabnya bisa karena trauma (misal gigi terbentur keras, atau patah), atau karena karies.

Pada gigi karies yang sudah non-vital, infeksi bakteri biasanya sudah mencapai pulpa dan saluran akar, berarti jaringan bagian dalam gigi sudah mati dan disebut jaringan nekrotik (jaringan mati) terdiri dari jaringan dentin yang sudah non vital berikut bakteri-bakteri penginfeksi. Jaringan nekrotik inilah yang menjadi penyebab utama terjadinya perubahan warna pada gigi, terutama adanya darah yang memasuki jaringan dentin.Mungkin dapat Anda bayangkan anggota tubuh yang sudah non-vital umumnya berubah warna menjadi kebiruan, sama halnya dengan gigi, dimana terjadi pembentukan senyawa iron sulfide. Iron (zat besi) berasal dari hemoglobin darah, sulfur berasal dari produk bakteri.

Bila jaringan nekrotik ini tidak dibersihkan terlebih dulu dengan perawatan syaraf, maka bakteri dan sel-sel yang sudah mati akan tetap ada di dalam gigi, proses infeksi terus berlanjut, dan berpotensi untuk terus menjalar hingga ke ujung akar dan jaringan pendukung gigi. Selain itu, bahan kimia yang digunakan untuk memutihkan gigi juga tidak dapat bekerja dengan optimal dengan adanya jaringan nekrotik tersebut.

Selanjutnya, pada tahap akhir perawatan syaraf, saluran akar akan diisi dengan bahan pengisi saluran akar. Fungsinya adalah menutup akses ke dalam saluran akar sehingga menghalangi apapun agar tidak dapat masuk ke dalam saluran akar, dan memberi kekuatan bagi saluran akar pada gigi non-vital tersebut. Bila gigi tidak dirawat terlebih dulu, berarti saluran akar dalam keadaan kosong, dan tidak ada yang menghalangi bahan kimia pemutih gigi masuk ke ujung akar hingga ke jaringan pendukung gigi. Hal ini dapat menimbulkan efek negatif terhadap jaringan lunak karena umumnya bahan pemutih gigi bersifat iritatif terhadap jaringan lunak.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, bila masih ada yang kurang jelas silakan layangkan kembali pertanyaan Anda ke redaksi Kami. Semoga dapat membantu Anda.Terima kasih telah menggunakan fitur konsultasi Klikdokter.com

Drg. Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar