Sukses

Frigid pasca aborsi

20 Oct 2014, 06:12 WIB
Wanita, 0 tahun.
Halo Dokter, saya wanita berumur 25 tahun, sudah menikah, tetapi belum punya keturunan. Baru-baru ini, karena belum siap memiliki keturunan, saya terpaksa menggugurkan kandungan dengan cara di vakum. Sekarang saya sudah mendapat menstruasi yang pertama. Yang ingin saya tanyakan adalah, mengapa setelah melakukan aborsi, ketika berhubungan intim dengan suami saya, saya hanya mendapatkan orgasme klitoris, padahal sebelum melakukan aborsi, saya biasanya mengalami orgasme vaginal. Yang kedua, biasanya saat foreplay sayalakukan bersama suami, pada saat suami merangsang bagian puting kiri saya (dengan tangan dan lidah), saya langsung mengalami perasaan yang nyaman yang menjalar dan terasa di vagina saya, tetapi sekarang saya tidak mengalami hal ini lagi. Apakah ini karena efek aborsi dan apa mungkin ada gangguan hormon didalam tubuh saya?. Mohon penjelasannya ya Dok. Sebelumnya saya haturkan terima kasih banyak. Salam hormat, (perempuan, 25 Tahun, 158 cm, 40 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Apa yang tergejala kami asumsikan merupakan gejala disfungsi seksual pada wanita. Disfungsi seksual dapat merupakan gejala masalah biologis (biogenik) atau konflik intrapsikis atau interpersonal (psikogenik) atau kombinasi dari kedua faktor tersebut.

Singkat kata, tidak ada yang salah pada tubuh dan pola kegiatan seksual Anda, cobalah untuk mulai meningkatkan intensitas olahraga bersama pasangan di pagi maupun sore hari. Peningkatan kondisi metabolisme tubuh akibat aktivitas olahraga, terbukti dapat mendongkrak libido manusia.

Komunikasikan juga kepada suami secara perlahan mengenai fantasi-fantasi ataupun pola permainan yang hendak Anda realisasikan bersama pasangan yang dapat mengundang libido Anda kembali.

Sebagai pelengkap, kami merekomendasikan beberapa tulisan berikut ini untuk melengkapi pengetahuan Anda seputar disfungsi seksual pada wanita :

Disfungsi Seksual Pada Wanita :
https://www.klikdokter.com/article/detail/289

Disfungsi Seksual :
https://www.klikdokter.com/illness/detail/169

Disamping itu Anda dapat juga mengakses tulisan informasi berikut ini yang dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi pelengkap khazanah wawasan kesehatan seksuil :

Hubungan Merokok & Disfungsi Seksual :
https://www.klikdokter.com/article/detail/240

Does Size Matter? :
https://www.klikdokter.com/article/detail/438

Dalam melaksanakan fungsi seksual, tiap-tiap individu sangat bervariasi, pengaruh dari stress baik dari psikis maupun lingkungan dapat berpengaruh dalam tiap fase dalam siklus seksualnya. Ketidakmampuan (disfungsi) seksual dapat berlangsung selama seumur hidup atau didapat, tergantung bagaimana kita menyikapi dalam mengatasinya.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

Dr. Sukardi, SpKJ(K)
(Redaksi Pengasuh Rubrik Seks & Andrologi Klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar