Sukses

Vitamin untuk bayi

17 Jul 2009, 16:08 WIB
Wanita, 26 tahun.
Siang Dokter. Dokter berbahayakah utk pertumbuhan anak jika bayi 8 bln di kasih vitamin utk perkembangan otak.Terima kasih dok.( perempuan, 26 thn,150 cm,42 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kebutuhan nutrisi bayi sebaiknya terpenuhi melalui diet seimbang yang ditambah dengan asupan susu dan sinar matahari yang cukup. Vitamin untuk bayi hanya dibutuhkan pada kondisi-kondisi tertentu, seperti :

  • bayi lahir prematur dan direkomendasikan oleh dokter anak untuk menambah asupan suplemen
  • bayi tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup sehingga direkomendasikan untuk diberikan tambahan vitamin D
  • pada kondisi dimana bayi memang mengalami defisiensi vitamin dan mineral (kurang zat besi, kurang fluorida) akibat dari asupan yang kurang

Apabila bayi sudah makan makanan padat, maka kebutuhan nutrisi, termasuk di dalamnya adalah vitamin dan mineral sebaiknya tercukupi dari makanan tersebut. Jangan terlalu mengandalkan suplemen untuk pertumbuhan anak Anda. Harap diingat bahwa kebutuhan nutrisi anak utama didapatkan dari makanan, suplemen hanyalah tambahan apabila kebutuhan anak tidak tercukupi.

Apabila Anda ingin memberikan tambahan vitamin pada anak Anda, kami sarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk evaluasi awal tumbuh-kembang anak Anda saat ini.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar