Sukses

Kurang lubrikasi saat penetrasi

22 Jul 2009, 14:05 WIB
Wanita, 23 tahun.
Met pagi tim dokter! saya baru menikah 2 minggu yang lalu. dan hampir setiap hr sy dan suami berhub intim. tp kenp ya dok, setiap kali akan penetrasi, saya merasakan mis v saya sakit banget n perih spt ketika pertama kali melakukan hub intim. begitupun suami saya mengalami kesulitan utk penetrasi, padahal kami udah cukup foreplay. apakah ini normal? bagaimana cara mengurangi rasa nyeri ketika akan penetrasi? terima kasih atas jawabannya.( perempuan, 23 thn,150 cm,46 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami berasumsi, terdapat kekurangan cairan lubrikasi ketika penetrasi berlangsung. Cairan lubrikasi alami keluar ketika pasca proses stimulasi rangsangan sukses. Namun dari aspek kuantitas, tidak semua wanita mengalami keseragaman kuantitas volume produksi.

Bagi wanita yang tidak dapat menghasilkan lubrikasi yang cukup, maka durasi proses penetrasi yang cukup lama dapat menyebabkan iritasi ataupun luka pada dinding vagina dan uretra, bahkan menyebabkan infeksi pada kandung kemih.

Banyak pencetus faktor penyebab keringnya vagina. Terdapat kasus seorang wanita tidak dapat menghasilkan lubrikasi yang banyak walaupun ia sudah mendapatkan rangsangan yang lebih atau sudah terangsang. Atau terdapat sebagian kasus lainnya, mungkin mendapatkan lubrikasi yang sesuai untuk suatu hubungan seksual yang lazim, dan mengering jika bercinta agak lebih lama. Sementara sebagian kasus lainnya mungkin mengalami kekeringan vagina yang disebabkan kadar hormon yang berubah-ubah selama siklus menstruasi. Karena perlu diketahui, menjelang proses menstruasi, tubuh akan menghasilkan hormon estrogen lebih sedikit dari biasanya.

Kekeringan vagina juga merupakan salah satu gejala menopause. Indikasi tersebut dapat disimpulkan ketika estrogen tubuh menurun secara dramatis. Penyebab lain dari kurangnya lubrikasi pada vagina antara lain karena sering mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat antidepresi, kontrasepsi oral dan obat fertilitas, demikian pula dengan memakai kondom lateks tanpa lubrikan.

Sementara dalam aspek kejiwaan,  salah satu penyebabnya adalah muncul rasa takut dan rasa cemas. Sebagian wanita pada sebagian kasus mungkin merasa terangsang, akan tetapi tidak ada respon dari tubuhnya karena alasan psikologis.

Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan cairan bantuan lubrikasi penetrasi yang dapat dibeli di apotik tanpa perlu resep dokter.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

Dr. Sukardi, SpKJ(K)
(Redaksi Pengasuh Rubrik Seks & Andrologi Klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar