Sukses

Benjolan di gusi saat hamil

20 Oct 2014, 04:55 WIB
Wanita, 31 tahun.
Saya sedang hamil 7 bln masuk 8. ini merupakan kehamilan ke-2. kehamilan I normal. kira2 sebulan yang lalu tiba2 muncul benjolan lunak kecil di gusi sebelah dalam (dekat lidah) pada rahang kanan bawah dan tidak terasa sakit. kerena hingga sebulan tidak kempes juga,maka kemarin saya coba utk memeriksakannya ke poli gigi. letak benjolan itu sendiri berada di bawah 2 gigi yang salah satunya ditambal (geraham paling belakang). tapi gigi yang ditambal ini sudah lama, & tidak ada keluhan apapun. dengan kata lain gigi lubang yg ditambal tsb dlm keadaan baik2 sj. tp kemudian disimpulkan bhw kemungkinan benjolan itu akibat penambalan gigi yg kurang sempurna. sehingga tambalannya dibongkar lagi spy gasnya keluar. kemudian sy diresepkan obat2 AMOXCILLIN 500,ASAM MEFENAMAT 500 mg, dan untuk Mag. dan utk mengempiskannya NON FLAMI....(Blm saya tebus). Yang ingin saya tanyakan, apakah Antibiotik dan obat2an tsb diatas Sungguh2 tdk berpengaruh pada Janin yg sy kandung? apakah tdk ada efek sampingannya sama sekali kpd janin?? krn sy takut obat tsb blm ada yg sy minum. sbab dr literartur yg saya baca, sy memperkirakan benjolan ini adalah epulis yg timbul akibat perubahan hormon pada wanita hamil. bagaimana menurut dokter??( perempuan, 31 thn,165 cm,64 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Obat-obatan yang diresepkan tersebut cukup aman dan bukan kontraindikasi bagi kehamilan Anda. Namun memang sebisa mungkin konsumsi obat-obatan apapun sebaiknya dihindari selama kehamilan. Obat antiinflamasi yang belum Anda tebus itu juga Saya rasa tidak perlu, namun memang harus ditegaskan terlebih dulu apa diagnosa dari benjolan tersebut.

Melihat dari keterangan Anda, benjolan tersebut timbul saat kehamilan (1 bulan yang lalu berarti kira2 saat kehamilan Anda berjalan 6 bulan). Benjolan tersebut lunak, tidak sakit, dan berada di antara dua gigi yang salah satunya terdapat tambalan, namun tambalan tersebut dalam kondisi yang masih baik. Apakah Anda ingat ada sesuatu pemicu sebelum benjolan tersebut timbul? Bagaimana dengan warna benjolan tersebut?Apakah benjolan tersebut mudah berdarah, atau berisi nanah?

Bila warnanya kurang lebih sama dengan jaringan lunak di sekitarnya , bukan merah terang seperti sedang meradang, tidak mudah berdarah, tidak sakit, tidak nyeri saat ditekan, dan tidak berisi nanah, Saya rasa benjolan tersebut kecil kemungkinan berhubungan dengan tambalan, bukan abses,  dan dugaan memang mengarah kepada epulis gravidarum. Benjolan yang merupakan abses karena infeksi gigi umumnya terjadi di gusi bagian depan yang menghadap bibir/pipi dan jarang berada di daerah gusi yang menghadap lidah. Epulis gravidarum disebut juga pregnancy tumor, memang dalam beberapa jurnal penelitian dikatakan cukup lazim muncul saat kehamilan karena perubahan hormonal yang cukup drastis pada wanita hamil.

Bila Anda masih merasa kurang yakin, Saya sarankan Anda berkonsultasi lagi secara langsung dengan dokter lain, mungkin lebih baik berkonsultasi ke dokter gigi spesialis penyakit mulut. Sementara itu, Saya rasa obat-obatan tersebut dapat ditunda penggunaannya. Kalau benjolan tersebut memang epulis, pada sebagian besar kasus benjolan tersebut akan menghilang dengan sendirinya setelah Ibu melahirkan.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Salam,

Drg. Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar