Sukses

Sesak pasca 3 bulan melahirkan

20 Oct 2014, 08:12 WIB
Wanita, 29 tahun.
selamat pagi dok..sy ibu dgn 2 putri yang tertua berusia 5 th, yang terkecil 21 bulan. sy selalu melahirkan dengan diberikan obat perangsang karena tidak ada kontraksi lahir tetapi udah KPD. dari 2 persalinan tersebut setelah 3 bulan postpartum sy harus opname di RS, yg pertama saya mengalami hipertensi (TD 160/100mmhg) dan pusing kepala berat, saya pulih setelah 1mgg dan hy di beri obat analgesik oral dan injeksi. SEdangkan pada postpartum yang kedua saya mulai sakit saat postpartum 25 hari, saya menggigil, mual dan dada terasa sesak. saya menjalani serangkaian pemeriksaan : USG Rahim, EKG, Photo Toraxs, Cek darah lengkap, Test T3,T4 &TSH dan USG Jantung, semua pemeriksaan normal. Sesak napas saya semakin parah dan tepat 3bln postpartum saya opname lagi dengan keluhan sesak napas berat. sy diberi obat-obatan :propanolol, concord, inpepsa dan sejenis analgesik. saya juga harus menggunakan pernapasan bantuan. 7 hr perawatan saya baru biasa bernapas normal dan dokter yang menangani menyarankan untuk konsultasi ke Spesialis THT tapi tidak saya lakukan. saya baru pulih setelah 6 bln postpartum.tapi hingga saat ini sesak napasnya masih suka kambuh apalagi kalau dlm keadaan stess, saya mudah lelah dan sering merasa mual. apa sebenarnya yang saya derita dok.. mohon penjelasannya dan pemeriksaan apa lagi yang harus saya lakukan lagi untuk menegakkan diagnosa. trima kasih dok.. ( perempuan, 29 thn,150 cm,49 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Meninjau kejadiannya baru terjadi setelah 3 bulan sejak melahirkan, kemungkinan besar keluhan tersebut tidak berhubungan dengan kehamilan maupun proses melahirkan.

Namun kami sedikit kesulitan berasumsi, atas karena kurangnya keterangan yang kami dapatkan mengenai diagnosa dari keluhan yang Anda derita. Kami sangat menganjurkan Anda untuk mengadakan konsultasi terlebih dahulu yang berkompetensi tinggi terhadap keluhan yang Anda alami, dalam hal ini ada baiknya melakukan kunjungan ke dokter penyakit dalam atau spesialis jantung, mengingat keluhan yang dominan adalah sesak nafas dan terdapat riwayat hipertensi.

Anda dapat menggunakan fitur pencarian dokter spesialis pada website Klikdokter.com. Dimana dataseluruh dokter yang kami miliki sudah terintegerasi dengan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

Untuk menggunakan fitur pencarian tersebut, akses Menu 'Pencarian' pada Menu Bar  website Klikdokter.com, kemudian pilih 'Cari Dokter'. Anda akan diminta memilih Spesialisasi dari dokter yang Anda cari, kemudian masukan domisili dari dokter yang bersangkutan, kemudian yang terakhir memasukkan nama dari dokter yang Anda cari. Lalu tekan tombol 'Cari'.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

dr. Indra N. C. Anwar, SpOG
(Redaksi Pengasuh Rubrik Kebidangan & Kandungan Klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar