Sukses

Pasutri terkendala sulit hamil

22 Jul 2009, 11:46 WIB
Wanita, 22 tahun.
pagi dok... mo tanya neh,saya dah menikah 1 tahun lebih tapi sampe sekarang blom hamil2 juga.waktu awal pernikahan saya sempat mens yg g teratur selama 4 bulan,kadang mens sampe setengah bulan dan kadang mens 3 kali dalam sebulan,saya juga pernah kputihan saat itu.kemudian saya bawa k dokter kandungn dan diperiksa takutx ad kista,tapi ternyata g ad.kandungan saya sehat dan saya dikasih obat pelancar haid.setelah haid saya lancar saya keputihan kemudian saya bawa lagi ke dokter dan dikasih obat seperti peluru yg dimasukan k miss V. baru sebulan yg lalu saya pap smear,dan hasilx saya ad bakteri,yg menyebabkan saya sakit saat berhubungan.kemudian saya berobat lagi,dikasih obat dan tidak boleh berhubungan selama 10 hari. pas haid pertama saya juga dikasih penyubur bersama suami saya juga. tapi kenapa perut saya sering keram seperti mau haid??? kira2 ap yg menyebabkan saya seperti ini dan saya minta saran dan solusix y dok??? terima kasih banyak atas perhatianx y dok??? tolong dijawab secepatx ( perempuan, 22 thn,158 cm,47 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sedikitnya 85% pasutri akan hamil dalam masa 12 bulan menikah. Jika Anda tidak ada masalah dalam hubungan seksual, intenstitas teratur dan tergolong frekuensi sering, ada kemungkinan terdapat masalah dalam hal kesuburan.

Kami menganjurkan untuk menelesuri sumber permasalahan yang ada dengan mengadakan konsultasi tatap muka dengan dokter ahli kandungan. Lalu kemudian hasil diagnosa akan menemukan solusi penerapan yang paling sesuai dengan Anda dan suami.

Sedikit informasi, diagnosa akan meliputi pemeriksaan sperma suami (analisa sperma) kemudian saluran telur, akan dicari tahu apakah terdapat sumbatan (HSG), selain itu perlu diperiksa secara keseluruhan lebih lanjut; apakah ada gangguan pada fungsi indung  telur akibat haid tidak teratur (biasanya dengan USG dan darah untuk pemeriksaan hormon).

Jadi cobalah melakukan pemeriksaan-pemeriksaan tersebut terlebih dahulu,  baru kemudian dibuat rencana pengobatannya untuk hamil. Tentunya diagnosa tersebut akan dapat membantu menemukan infeksi pada vagina atau mulut rahim jika ada.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

dr. Indra N. C. Anwar, SpOG
(Redaksi Pengasuh Rubrik Kebidangan & Kandungan Klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar