Sukses

Jantung Berdeba-debar

21 Jul 2009, 10:08 WIB
Pria, 31 tahun.
Salam Dok, 5 bulan yang lalu saya terkena hipertensi dan jantung berdebar2 dan sempat di rawat di RS selama 3 hari. Sampai saat ini saya mempunyai keluhan yang tidak enak sekali. Setiap habis makan detak jantung saya berdetak keras dan kencang dan brp2 menit kemudian terasa panas di leher dan punggung. Kaki tangan selalu berkeringat. Dan saya telah berkonsultasi ke Dokter jantung, jantung saya normal2 saja. dan hanya di beri vitamin. Tetapi sampai saat ini saya tidak berani minum vitamin karena tubuh saya langsung panas terutama punggung dan leher kepala jika diberi vitamin apa pun. yang saya kuartirkan jantung saya sering berdebar dan itu yang membuat turun berat badan saya dok. Kiranya dokter dapat membantu atas keluhan saya ini ( laki-laki, 31 thn,165 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Keluhan jantung berdebar-debar banyak penyebabnya, baik dari jantung, gangguan hormonal, makanan dan minuman (kopi), atau organ lain. Apakah Anda sudah memeriksakan kondisi Anda ke dokter spesialis penyakit dalam? Apakah selain jantung berdebar ada kondisi tangan sering tremor, nafsu makan meningkat namun berat badan turun, diare, dan sering berkeringat?

Kalau memang terdapat gejala seperti yang kami sebutkan di atas, kemungkinan Anda memiliki penyakit hipertiroid. Tiroid merupakan salah satu organ yang berada di bagian tengah leher (di bawah adam's apple) dan menghasilkan hormon yang banyak berfungsi mengatur sirkulasi di dalam tubuh. Hipertiroid adalah kondisi overproduksi hormon tiroid (T3 danT4) dan berakibat meningkatkan metabolisme tubuh dan saraf simpatis sehingga menimbulkan gejala yang Anda rasakan.

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi lebih lanjut. Kemungkinan Anda membutuhkan pemeriksaan laboratorium tambahan.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar